Sandiaga Uno Jadi Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2019

Calon Presiden dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto
Calon Presiden dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto. (Instagram Prabowo)

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, memilih Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden yang akan berjuang bersamanya dalam Pilpres 2019. Sandiaga Uno dipilih karena dinilai sebagai calon terbaik dari pilihan yang ada.

Dia mengatakan, pilihannya ini didukung oleh dua partai koalisi, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Keduanya bersama Gerindra membentuk Koalisi Defacto.

“Baru saja, pimpinan dari 3 parpol, PKS, PAN dan Partai Gerindra telah memutuskan dan memberi kepercayaan kepada saya, Prabowo Subianto dan saudara Sandiaga Salahudin Uno untuk maju sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa bakti 2019-2024,” kata Prabowo di kediamannya di Jalan Kartanegara IV, Jakarta.

Menurut dia, Sandiaga Uno dipilih sebagai cawapres setelah melalui perundingan alot.

“Proses ini tidak mudah, melelahkan,” kata dia.

Dia pun berterima kasih kepada Sandiaga Uno yang bersedia melepas jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Padahal, lanjut dia, posisi itu tidak mudah diperolehnya dan telah diperjuangkan selama bertahun-tahun.

“Beliau bersedia menyerahkan jabatan wakil gubernur yang diperjuangkan bertahun-tahun. Saya pun minta beliau mundur dari Partai Gerindra. Dia pun mundur dari jabatan-jabatan itu, dari Gerindra. Padahal, sudah lama beliau membangun karirnya. Dia mundur dari Gerindra, untuk bisa diterima sebagai calon independen oleh partai koalisi,” tutur Prabowo Subianto.

Sandiaga Uno lalu meminta restu kepada masyarakat untuk bisa maju bersama Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Juga agar bisa menang dalam pertarungan demokrasi tersebut.

“Singkat saja, kami mohon doa restu untuk bisa menghadirkan pemerintahan yang kuat, membangun ekonomi kuat,” ujar Sandiaga Uno.

Keduanya akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) usai salat Jumat.

Baca Juga: Jokowi Pilih Ma’ruf Amin sebagai Cawapresnya di Pilpres 2019

Bagaimana dengan Demokrat?

Prabowo Subianto menjelaskan, dia sudah berusaha membangun komunikasi dan perundingan dengan tokoh-tokoh partai. Proses ini, tegas dia, tidak mudah serta melelahkan.

“Saya pun berunding terus dengan tokoh-tokoh PKS, PAN dan juga Partai Demokrat. Memang, untuk membangun koalisi tidak mudah karena banyak hal yang harus dipertemukan,” kata dia.

Namun, hanya PKS dan PAN yang legowo tidak menjabat apapun pada Pilpres 2019.

Beri komentar Anda tentang artikel ini