5 Santapan yang Pas untuk Dinikmati saat Musim Hujan Datang

makanan di musim hujan
Sumber : rumahmesin

Belakangan ini banyak daerah di Indonesia yang tengah memasuki musim penghujan, salah satunya ialah Jakarta dan daerah sekitarnya. Banyak dari Anda yang mungkin merasa senang jika musim hujan datang, mengingat Jakarta yang sebelumnya panas dan lembab, kini berubah menjadi sejuk. Namun terkadang, udara sejuk yang dirasakan membuat rasa lapar sekaligus kantuk datang. Untuk menghindari rasa kantuk yang berlebihan, banyak dari Anda memilih untuk menuruti rasa lapar Anda, terutama bagi seorang pegawai kantor. Hal itulah yang membuat Anda mencari beberapa rekomendasi makanan atau minuman yang sangat cocok disantap jika hujan turun untuk menjaga konsentrasi. Lebih lanjut, berikut beberapa santapan yang cocok dinikmati saat musim hujan tiba.

Hidangan Ini Paling Pas Disantap di Musim Hujan

Ramen

Sumber: nibble.id

Merasa bosan dengan menyantap makanan khas Indonesia di saat hujan tiba? Mungkin Anda harus mencoba salah satu hidangan khas Jepang, yakni Ramen. Makanan berbahan dasar mie yang dikombinasikan dengan kuah yang terbuat dari berbagai macam jenis kaldu ini dan bahan pelengkap lainnya, seperti nori, irisan dauh bawang, dan telur yang sangat cocok disantap jika hujan turun, terutama jika Anda memilih menu yang berkuah hangat.

Sundubu Jjigae

Sumber : chefjulieyoon

Kini, Korea tak hanya terkenal dengan boyband atau girlbandnya saja, tetapi juga makanannya yang lezat. Salah satu santapan khas Korea yang pas untuk dinikmati saat musim hujan ialah Sundubu Jjigae. Makanan khas Korea satu ini menggunakan tahu lembut sebagai bahan dasarnya yang ditambah kuah. Lauk pauk lain yang ditambahkan untuk melengkapi hidangan ini, seperti irisan kubis, telur, bahan pangan laut, dsb. Bagi warga Korea, Sundubu Jjigae ini memang biasa disajikan saat musim hujan atau musim dingin tiba.

Bakso

Bakso Solo Samrat Tanjung Duren
Sumber: Qraved

Beralih dari hidangan khas Internasional seperti Ramen dan Sundubu Jjigae, santapan yang berbahan dasar daging ini masih menjadi makanan jawara khas negeri sendiri yang lezat untuk disajikan saat hujan tiba. Mie atau Bihun, Taoge, serta Caisim menjadi bahan pelengkap untuk menyantap kuliner yang sederhana, namun sangat lezat. Bagi Anda penggemar rasa pedas, Anda dapat menambahkan sambal ke dalam kuah agar rasanya semakin nikmat.

Cokelat Panas

Cokelat merupakan kudapan yang paling banyak digemari oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Olahan cokelat yang sangat pas disajikan untuk musim dingin atau musim hujan ialah cokelat panas. Terbuat dari cokelat atau bubuk kakao dan ditambah dengan susu hangat makin menambah kenikmatan dari santapan yang satu ini. Tak hanya itu, beberapa penelitian membuktikan bahwa cokelat juga dapat membuat pikiran dan tubuh Anda relax kembali.

Wedang Jahe

Sumber : kumparan

Minuman yang berasal dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah ini menyajikan irisan jahe segar yang ditambah dengan gula jawa serta seduhan air panas makin melengkapi hari Anda apabila musim hujan datang. Bahan pangan lain yang dapat ditambahkan ke dalam minuman khas Indonesia ini ialah susu segar, kayu manis atau daun pandan yang dapat pula menambah aroma dan rasa nikmati pada minuman satu ini.

Baca Juga : 5 Sajian Makanan dengan Kuah Asam yang Harus Disantap Saat Musim Hujan di Jakarta