Sebelum Menerima Tawaran Kerja, Coba Dahulu Perhatikan Poin-Poin Ini!

Sebelum Menerima Tawaran Kerja, Coba Deh Perhatikan Poin-Poin Ini!
Sumber: Pexels

Mendapatkan tawaran kerja atau penawaran kerja memang jadi satu hal yang menyenangkan ya, terutama untuk kamu yang masih fresh graduate. Hal ini menjadi salah satu pengalaman yang sungguh menyenangkan karena kamu bisa merasakan kontrak kerja pertamamu. Tawaran kerja ini juga jadi tanda bahwa kamu tidak akan lagi lama-lama menganggur di rumah.

Namun, tetap cermat dalam menerima tawaran kerja ya, guys! Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang memang membuatmu nyaman berada di dalamnya. Supaya tidak bingung, coba perhatikan lagi poin-poin dalam tawaran kerja yang kamu terima!

Upah atau Gaji, Sesuaikan dengan Keadaan dan Kondisimu Sendiri tapi Tetap Realistis

Upah atau Gaji, Sesuaikan Dengan Keadaan dan Kondisimu Sendiri Tapi Tetap Realistis
Sumber: Pexels

Tidak munafik ya kalau orang bekerja tentu sudah urusannya dengan gaji atau upah yang akan didapatkan setiap bulannya. Nah, upah atau gaji ini harus kamu perhatikan betul-betul. Cari tahu soal pajaknya, apakah dipotong dari gaji atau dibayarkan oleh kantor. Selain itu, apakah ada potongan lagi dari gaji misalnya untuk biaya asuransi atau hal lainnya. Lihat lagi, apakah ada tunjangan lain yang kamu dapatkan selain gaji.

Baca Juga: Bagaimana Jadinya Jika Baru Mulai Kerja Tetapi Ingin Resign?

Fasilitas Penunjang Kerja, Hal Sekunder yang Terkadang Justru Menentukan

Fasilitas Penunjang Kerja, Hal Sekunder yang Terkadang Justru Menentukan
Sumber: Pexels

Kamu juga harus menanyakan ini pada pihak HRD yang menawarkan kamu tawaran kerja. Tanyakan apa saja fasilitas yang akan kamu dapatkan selama kamu bekerja di kantor tersebut. Umumnya, kantor yang cukup besar sudah menyediakan beberapa fasilitas seperti laptop milik kantor, asuransi, bahkan kendaraan pribadi yang bisa diinventariskan kepada kamu.

Visi dan Misi ke Depan dari Perusahaan

Visi dan Misi Ke Depan Dari Perusahaan
Sumber: Pexels

Walaupun terkesan tidak penting, kamu tetap harus menanyakan soal ini. Pasalnya, perusahaan dengan visi dan misi ke depan yang baik tidak akan mengalami mogok atau investasinya dicabut karena sudah ada perencanaan yang matang dari pihak manajemen. Ini tentu penting juga untuk keberlangsungan kamu saat bekerja di sana.

Etos Kerja yang Banyak Berlangsung di Sana, Tanyakan Sebelum Tawaran Kerja Diberikan

Etos Kerja yang Banyak Berlangsung Disana, Tanyakan Sebelum Tawaran Kerja Diberikan
Sumber: Pexels

Budaya atau etos kerja menjadi sangat penting untuk mendukung cara kerjamu sendiri, apakah cocok dengan kantor tersebut atau tidak. Hal ini bisa kamu tanyakan saat sesi interview sedang berlangsung. Selain itu, kamu juga bisa cek di beberapa website tentang testimoni budaya kerja di tempat tersebut. Website semisal job-like atau linkedIn bisa jadi pilihannya.

Cari Tahu Juga Seberapa Besar Turnover Rate yang Ada di Kantor Tersebut

Cari Tahu Juga Seberapa Besar Turnover Rate yang Ada Di Kantor Tersebut
Sumber: Pexels

Angka Turnover rate biasanya merujuk pada kondisi dimana banyaknya pegawai yang keluar masuk dari suatu kantor dalam jangka waktu tertentu. Semakin kecil angka turnover rate-nya, bisa dipastikan kantor itu memiliki manajemen yang baik sehingga pegawai betah bekerja di sana. Sebaliknya, kalau turnover rate-nya tinggi, bisa jadi ada yang salah dengan kantor tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here