Sebumi: Tumbuh Bersama Alam untuk Keberlanjutan Lingkungan

Sebumi : Tumbuh Bersama Alam untuk Keberlanjutan Lingkungan
Iben Yuzenho, Pendiri PT Sebumi Berbagi (Sebumi) Foto : Kiky.Waode/Job-Like Magazine

Sambil menikmati semilir angin dan rimbunnya pepohonan di kawasan Hutan Lindung Pantai Indah Kapuk saya menemui Iben Yuzenho, Pendiri PT Sebumi Berbagi (Sebumi).

Hari itu, Sebumi dipercaya untuk menjadi fasilitator sebuah perusahaan multinasional yang sedang melakukan penanaman mangrove di kawasan hutan lindung.

Saya bertemu Iben seusai acara tanam mangrove. Di beranda salah satu aula pertemuan, saya tertarik untuk berbincang mengenai kepeduliannya kepada lingkungan.

“Tahu nggak, hutan mangrove di Jakarta hilang sebesar 85 persen dalam beberapa dekade. Diubah menjadi perumahan yang manfaatnya hanya dirasakan segelintir orang,” ucap Iben membuka obrolan.

“Tahun lalu saya memutuskan untuk resign dari perusahaan. Karier terakhir saya di perusahaan tersebut sebagai Director Talent Manager untuk kawasan Indonesia, Indo-China, Singapura, dan Malaysia. Untuk memenuhi panggilan ini, akhirnya saya memutuskan untuk merelakan karier dan bisa dibilang harus kerja kasar lagi.”

Cukup takjub ketika mengetahui Iben merelakan kariernya di sebuah perusahaan bonafide demi memenuhi panggilan hatinya untuk berkontribusi lebih bagi alam.

Padahal, alumnus Institut Pertanian Bogor ini telah 15 tahun meniti karier sebagai seorang profesional HR di berbagai korporasi. Setelah resign, kini Iben fokus mengembangkan Sebumi sebagai bisnis sosial yang fokus pada edukasi tentang lingkungan dan ekowisata.

This is my call. This is like cliche but it’s truly what I am thinking. Saya akhirnya menemukan apa yang ingin saya lakukan dan membuat saya bahagia dengan melakukan hal tersebut,” ucapnya.

“Saya perlu waktu 15 tahun untuk menemukan jawabannya. Apa yang diinginkan dari karier yang Anda kerjakan saat ini? The things what you love to and the things you deeply care about it’s different,” tuturnya.

Sebumi : Tumbuh Bersama Alam untuk Keberlanjutan Lingkungan
Iben saat sedang menjadi fasilitator wisata alam (Foto : Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Sebumi didirikan sejak tahun 2015. Fokusnya untuk memberikan edukasi tentang keberlanjutan sumber daya. Ditujukan untuk masyarakat urban dengan pendekatan eksperensial.

Saat ini, Sebumi memiliki tujuh modul untuk para pengguna jasanya meliputi food, waste, water, shelter, energy, transportation, dan biodiversity. Dalam menghidupkan lini bisnis ekowisatanya, Sebumi membuka perjalanan konservasi meliputi mendaki, melaut, dan merimba.

“Kami yakin bahwa ekowisata bisa menjadi salah satu jalan tengah untuk melakukan konservasi. Ini masuk ke dalam lini bisnis Sebumi, bisnis yang kami lakukan harus sejalan dengan misi. What we do is doing our business and we also achieve our mission. We sell product, we gain profit, and we do our mission,” tuturnya.

Setiap Bisnis Memiliki Nilai Tambah Masing-Masing

Sebumi : Tumbuh Bersama Alam untuk Keberlanjutan Lingkungan
Sumber : Sebumi

Travel to connect: to nature, people, and yourself” menjadi nilai penggerak dari bisnis sosial yang dilakukan Sebumi. Berbagi dengan alam, manusia, dan mengenal diri sendiri menjadi tujuan dari didirikannya Sebumi.

Untuk mewujudkan nilai serta visinya, Sebumi terbuka untuk melakukan berbagai kolaborasi dengan komunitas lain. Profit bukan menjadi tujuan akhir, kata Iben.

Baca Juga: Mengulik Ragam Variasi Tempat Wisata Milennial

“Awalnya kita harus tahu apa ide bisnis yang mau dibangun, pelajari konsepnya, mulai bangun model bisnis, dan act like a businessman dengan selalu mau belajar untuk meningkatkan wawasan. Setelah itu, bangun tim dan jangan lupa melakukan networking untuk mendapatkan klien.”

Saat ini Sebumi memiliki 10 orang staf yang terdiri dari tujuh orang karyawan dan tiga orang co-founder. Namun, Sebumi selalu membuka kesempatan bagi mereka yang memiliki passion di bidang wisata dan lingkungan.

Apa yang perlu kamu miliki jika ingin bergabung dengan Sebumi?

“Pastinya harus peduli soal lingkungan dan mau melakukan sesuatu yang lebih untuk Sebumi. Sebagai startup, kita selalu terbuka untuk kesempatan karier di Sebumi karena semakin sibuk dan semakin banyak yang harus dikerjakan. You have to go extra miles,” ujar Iben.

Tertarik untuk Bekerja di Bidang Lingkungan? Cek Kesempatanmu di Sini

Sebumi : Tumbuh Bersama Alam untuk Keberlanjutan Lingkungan
Foto : Kiky.Waode/Job-Like Magazine

Travel Consultant

Deskripsi pekerjaan: mendesain program ekowisata dan konten edukasi di dalam program tersebut.

Eco Journey Operator

Melakukan eksekusi kegiatan edukasi dari program ekowisata di lapangan. Mengaplikasikan apa yang sudah dikonsepkan oleh travel consultant.

Product Design

Melakukan riset untuk lokasi destinasi ekowisata dan melakukan analisis mengenai probabilitas untuk melakukan proigram di destinasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here