Asyik Minum Boba, tetapi Tetap Sehat? Begini Caranya

Minuman berbahan dasar bubble tea (boba) lagi ngehits di tanah air. Kamu bisa menemukan berbagai gerai penjual minuman boba di pusat perbelanjaan maupun kawasan kaki lima. Menikmati minuman boba memang menyegarkan, terutama ketika cuaca sedang panas.

Sayangnya, menikmati minuman boba secara berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan lho. Kamu harus hati-hati! Jangan sampai berat badan kamu naik karena keseringan minum boba, atau kamu mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Membatasi Intensitas Mengonsumsi Minuman Boba

Satu sajian minuman boba mengandung kalori yang sama dengan sepiring nasi beserta sayur dan lauk pauk. Sayangnya, minuman boba justru didominasi karbohidrat dan nyaris tidak memiliki kandungan gizi lainnya.

Itulah sebabnya, kamu harus membatasi intensitas mengonsumsi minuman boba. Idealnya, konsumsi minuman tersebut hanya boleh dilakukan satu hingga dua kali seminggu. Usahakan untuk membatasi porsi makanan berat dan camilan bila kamu akan mengonsumsi minuman boba.

Baca Juga: Yuk, Mengulik Kandungan Gizi Gula Aren dalam Es Kopi Susu Kekinian!

Mengurangi Takaran Gula dalam Minuman

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan meski hobi minum boba adalah mengurangi takaran gula dalam minuman. Jangan ragu mengajukan request pengurangan takaran gula dalam setiap minuman boba yang kamu pesan.

Awalnya, mungkin kamu merasa kalau pengurangan takaran gula membuat minuman jadi kurang nikmat. Namun, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan hal tersebut. Asupan kalori bagi tubuh pun tidak berlebihan bila kamu selalu mengurangi takaran gula dalam minuman boba.

Mengimbangi Kebutuhan Tubuh dengan Asupan Serat

Konsumsi boba secara berlebihan memang rentan menyebabkan sembelit. Karena boba yang terbuat dari tepung tapioka memang rentan menggumpal di usus dan mengganggu kelancaran sistem pencernaan. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan kaya serat dalam porsi seimbang.

Jika hobi menikmati minuman boba, usahakan untuk mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah banyak. Kamu bisa membuat sup atau salad dengan dressing minim lemak supaya sistem pencernaan tetap lancar dan bebas sembelit.

Mengecek Kadar Gula Darah Secara Teratur

Usia muda bukanlah jaminan yang membuat kamu bebas penyakit. Justru kamu harus rutin memeriksakan kesehatan, terutama kadar gula darah. Hobi menikmati minuman boba memang membuat kamu rentan mengidap diabetes.

Jadi, usahakan untuk mengecek kadar gula darah secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Supaya kenaikan kadar gula darah secara berlebihan bisa segera diatasi demi menghindari risiko diabetes.

Menikmati minuman boba harus dilakukan secara bijak agar tidak mengganggu kesehatan. Mari menjadi pencinta bobs yang konsisten menjalani gaya hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here