Tips Praktis agar Tetap Sehat Meskipun Hobi Makan Jeroan

Jeroan merupakan salah satu bahan makanan yang disukai sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasa gurihnya memang membuat banyak orang hobi makan jeroan. Sayangnya, konsumsi jeroan berlebihan rentan memicu berbagai penyakit serius. Sehingga Anda yang hobi menyantap hidangan tersebut harus lebih waspada.

Sebenarnya, hobi makan jeroan tidak akan mengganggu kesehatan kalau Anda sudah mengetahui beberapa tips berikut.

Mengonsumsi Porsi Kecil Saja

Hobi makan jeroan memang menyenangkan. Apalagi bila menemukan hidangan jeroan yang super lezat. Kemungkinan besar Anda akan menyantapnya dengan kalap. Namun, usahakan agar hal tersebut tidak membuat Anda makan berlebihan. Sebaiknya Anda menyantap jeroan dengan porsi kecil. Supaya asupan lemak bagi tubuh masih berada dalam batas normal. Usahakan untuk tidak menyantap jeroan terlalu sering demi menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Memasak Jeroan Sendiri di Rumah

Kalau Anda suka makan jeroan, sebaiknya Anda bisa memasaknya sendiri di rumah. Supaya Anda bisa membersihkannya sampai benar-benar tuntas sebelum jeroan siap dimasak. Hal ini tentu jauh lebih baik daripada membeli hidangan jeroan siap santap. Karena Anda tidak dapat memastikan kehigienisannya. Jangan sampai kotoran dan sisa racun dalam jeroan malah membuat Anda rentan sakit usai menikmatinya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Rahasia Makan Soto Ayam yang Sehat bagi Karyawan Kantoran

Mengimbangi dengan Asupan Serat

Kalau Anda hobi makan jeroan, berarti Anda wajib mengimbanginya dengan asupan serat. Kandungan serat dalam sayuran dan buah-buahan akan membantu menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Asupan kolesterol yang berasal dari jeroan bisa diminimalkan agar tidak meningkatkan kadar kolesterol darah Anda. Porsi jeroan yang kecil mesti dibarengi dengan konsumsi sayuran dalam satu kali makan.

Jangan Lupa Berolahraga secara Teratur

Sesibuk apa pun Anda, jangan lupa meluangkan waktu olahraga secara teratur. Jangan sampai Anda mengonsumsi jeroan tetapi malas berolahraga. Karena olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga teratur akan membantu menstabilkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah. Asupan kolesterol dari jeroan tak akan mudah menumpuk di jantung dan organ vital lainnya. Sehingga Anda tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit kronis seperti jantung koroner, hipertensi, dan komplikasinya.

Menu berbahan dasar jeroan memang mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Anda yang berstatus sebagai karyawan kantoran pun mungkin sering menyantapnya saat makan siang. Namun, jangan lupa menjaga kebugaran tubuh meskipun hobi makan jeroan. Jangan sampai hobi tersebut membuat Anda rentan sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here