Seiring Berkembangnya Teknologi, Beberapa Jenis Pekerjaan Ini Diduga akan Punah!

seiring berkembangnya teknologi
sumber: idntimes

Saat ini, kehidupan manusia sudah dimudahkan dengan teknologi. Teknologi yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu, ternyata perlahan demi perlahan dapat menggeser beberapa pekerjaan yang menggunakan jasa manusia. Namun, tentu hal tersebut memiliki konsekuensi, yakni berkurangnya lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, dalam ulasan kali ini Job-Like akan membahas seputar jenis pekerjaan yang akan punah seiring berkembangnya teknologi. Apa sajakah? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

6 Jenis Pekerjaan yang akan Punah Seiring Berkembangnya Teknologi

1. Asisten Rumah Tangga

asisten tidak balik lagi
Sumber : Tribunnews

Banyak orang di dunia yang membutuhkan asisten rumah tangga untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, mulai dari mencuci, memasak, bersih-bersih dan lain sebagainya. Biasanya, orang-orang yang menggunakan jasa asisten rumah tangga ini memiliki kesibukan yang banyak, sehingga mereka tidak sempat lagi untuk mengurus tanggung jawab di rumah. Namun seiring berkembangnya teknologi, bisa saja di masa depan ada robot-robot canggih yang dapat menggantikan peran asisten rumah tangga untuk melakukan tugas-tugasnya tersebut.

2. Operator Service Centre

Sumber: livegenic

Tugas utama dari seorang operator adalah untuk memberikan pemahaman kepada konsumen terkait produk yang dijual oleh perusahaan tempatnya bekerja. Biasanya, para konsumen akan menghubungi operator untuk menyampaikan keluhan seputar produk yang digunakan. Mungkin saja di masa depan yang akan datang, tugas dari seorang operator akan digantikan oleh sistem komputer yang canggih yang bisa megantikan tugas para operator dengan lebih terperinci.

Baca Juga: Majunya Teknologi Nyatanya Membuat Karyawan Tidak Merasa Bahagia, Mengapa?

3. Buruh

Sumber : Simple News 05 Blogspot

Buruh yang biasa bekerja di pabrik ini juga mungkin akan tergeser posisinya dengan kehadiran mesin-mesin canggih di masa depan. Seiring majunya teknologi, bisa saja mesin-mesin canggih dan mutahir akan menggantikan peran mereka. Selain itu, dengan menggunakan tenaga mesin, pihak pabrik juga akan mengurangi risiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi kapan saja. Namun, sisi negatif dari hal yang satu ini adalah betapa banyak buruh yang nantinya akan kehilangan pekerjaannya.

4. Dokter Spesialis

Para dokter spesialis yang saat ini bertugas untuk menangani berbagai masalah kesehatan juga bisa punah di masa depan. Perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih, bisa saja membuat sebuah obat atau alat canggih yang bisa digunakan oleh semua orang tanpa perlu pemahaman khusus. Kehadiran alat-alat canggih di bidang kedokteran akan menggeser posisi para dokter spesialis secara perlahan tapi pasti.

5. Teller Bank

Saat ini, sudah banyak mesin ATM yang bisa dijadikan sebagai wadah menabung. Jadi, kita sudah tidak perlu repot-repot datang ke bank dan menemui teller untuk memasukkan uang kita ke rekening bank. Oleh karenanya, bisa saja di masa mendatang mesin-mesin ATM tersebut akan semakin menjamur. Alhasil, pekerjaan teller bank akan tergantikan oleh mesin-mesin ATM canggih tersebut.

6. Pihak Keamanan

Lowongan Kerja Satpam

Polisi, TNI dan Satpam adalah pihak-pihak yang bertugas untuk menjaga keamanan di negara ini. Namun di masa yang akan datang, posisi mereka bisa saja tergantikan oleh robot-robot canggih yang dibekali dengan kemampuan bertempur selayaknya peran robot di film Elysium. Wow!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here