Pentingnya Self Care di Kantor agar Tetap Produktif dan Bahagia

Ketika beraktivitas di kantor, kamu akan dihadapkan pada sejumlah kepentingan lain di luar diri sendiri. Namun, bukan berarti kamu harus mengorbankan diri sendiri. Justru kamu harus paham bahwa self care di kantor penting untuk menjaga produktivitas dan kebahagiaan diri sendiri.

Jadi, hal-hal apa saja yang patut dilakukan sebagai bentuk self care di kantor? Inilah ulasannya!

Berani Berkata Tidak

Bersikap profesional saat beraktivitas di kantor memang suatu keharusan. Namun, bukan berarti kamu harus selalu mengiyakan hal-hal yang dilimpahkan kepadamu. Belajarlah berani berkata tidak untuk hal-hal di luar tanggung jawabmu.

Misalnya, menolak permintaan rekan kerja yang ingin kamu ambil bagian dalam pekerjaannya. Hal ini merupakan bentuk self care di kantor yang akan membuat kamu tetap merasa leluasa dan bahagia.

Baca Juga: Ups, Jangan Mengabaikan 5 Hal Penting Ini karena Terlalu Sibuk di Kantor!

Menyisihkan Waktu untuk Meditasi

Rutinitas kerja yang padat memang melelahkan. Itulah sebabnya, kamu harus cermat menjaga kebugaran diri sendiri di sela-sela aktivitas kerja. Salah satu bentuk self care di kantor yang bisa dilakukan secara teratur adalah meditasi.

Kebiasaan meditasi akan membantu kamu untuk tetap tenang dan bugar di tengah-tengah kesibukan kerja. Emosi kamu pun akan senantiasa stabil dan tidak mudah merasa lelah selama bekerja.

Bergaul Secara Sehat dengan Rekan-Rekan Kerja

Pergaulan positif di lingkungan kerja bukan sekadar penting untuk menjaga relasi dengan rekan-rekan kerja. Lebih dari itu, hal sederhana ini juga merupakan bentuk self care di kantor.

Bergaul dengan rekan-rekan kerja secara positif akan membuat kamu lebih bahagia dan nyaman. Usahakan untuk tidak terlibat dalam pembahasan gosip atau politik tak sehat yang membebani pikiran.

Menikmati Tea Time di Sela-Sela Pekerjaan

Beristirahat di sela-sela pekerjaan penting untuk menjaga kestabilan performa kerja. Oleh sebab itu, lakukan self care di kantor dengan cara meluangkan waktu tea time.

Sempatkan waktu untuk menikmati minuman dan makanan kecil favorit selama beberapa menit sebelum kembali bekerja. Aktivitas sederhana ini akan membantu kamu kembali fokus pada pekerjaan setelah merasa rileks.

Meluangkan Waktu untuk Bekerja Remote

Bila profesi kamu memungkinkan untuk bekerja di luar kantor (misalnya pekerjaan di bidang marketing, sosial, atau kreatif), sebaiknya kamu menyisihkan waktu untuk melakukannya secara teratur.

Bekerja di luar kantor secara remote akan memberikan suasana baru yang membuat kamu lebih bersemangat. Cobalah bekerja di kafe, taman, atau tempat-tempat lainnya dan rasakan manfaatnya bagi peningkatan produktivitas.

Jangan jadikan kesibukan kerja sebagai alasan untuk mengabaikan self care di kantor. Jagalah work-life balance agar tetap bersemangat dan bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here