Mahasiswa Magang di Generali Dipersiapkan sebagai Future Generation

“Build Your Startup Mindset” proses penyaringan kandidat mahasiswa magang Generali Indonesia. (FOTO: dok. Generali)

Mahasiswa magang dipercaya untuk menggelar kegiatan eksternal perusahaan bukan hal yang biasa. Peran mahasiswa magang umumnya sebatas menyusun dokumen atau menyiapkan kopi. Namun, bagi mahasiswa magang Generali Indonesia, kesempatan unjuk gigi diperoleh lewat kepercayaan perusahaan melalui penyelenggaraan acara talkshow dan diskusi “Build Your Startup Mindset”.

Kegiatan yang digelar, Rabu (27/11), dan dihadiri oleh 45  mahasiswa dari beberapa universitas di Jakarta ini menjadi tanggung jawab tim internship yang terdiri dari 42 mahasiswa magang. Ini bentuk pembelajaran nyata di dunia kerja yang diberikan Generali kepada para mahasiswa magangnya.

Menggelar sebuah kegiatan perusahaan dengan target terukur, yaitu terjadinya perekrutan generasi baru internship tentu membutuhkan rancangan yang serius. Bagi Ressy Gusri Andini, yang telah 5 bulan magang di Generali, kepercayaan yang diberikan oleh Generali menjadi tantangan besar bagi dirinya sebagai mahasiswa magang.

Ia dan rekan-rekannya di tim internship mengatur segala sesuatunya, mulai dari perencanaan hingga eksekusi di hari penyelenggaraan talkshow. Tuntutan untuk bekerja secara tim dengan tangkas demi kesuksesan acara jelas memupuk soft skill dan hard skill mahasiswa Psikologis Universitas Bina Nusantara ini.

Tim intern Generali Indonesia diberikan kepercayaan besar untuk berinovasi. (FOTO: dok. Generali Indonesia)

Ia menyadari peluang untuk berkembang yang diberikan Generali kepada mahasiswa magang ini merupakan bentuk nyata dari startup mindset yang dibutuhkan generasi milenial. Sebelum bergabung dengan Generali, Ressy memiliki pemahaman yang salah mengenai startup mindset yang hanya sebatas pada fleksibilitas jam dan ruang kerja.

Baca Juga: Kembangkan Karier Lewat International Mobility, Gimana Caranya Ya?

Padahal, pola pikir startup yang seharusnya dimiliki generasi milenial untuk sukses dalam karier adalah kemampuan untuk berkolaborasi, memiliki ide-ide segar, dan bekerja secara agile atau tangkas mengingat cepatnya perubahan di dunia bisnis.

“Awalnya, saya mengira startup mindset itu bagaimana bekerja secara fleksibel, bisa di mana saja dan kapan saja, seperti yang ditawarkan startup-startup pada umumnya. Padahal, bukan itu intinya. Generali pun menerapkan startup mindset yang membuat saya banyak belajar karena mahasiswa magang diberi ruang untuk berkreasi,” ujar Ressy.

“Karena itu magang di Generali penuh tantangan. Berbeda dari kegiatan magang pada umumnya yang sebatas hanya mengerjakan administrasi. Imej itu yang ingin saya ubah, bahwa magang pun membuka ruang bagi mahasiswa untuk berinovasi,” lanjutnya.

Generali Menyasar Terciptanya Future Generation Berkualitas

Peserta “Build Your Startup Mindset” berdiskusi dan mendapatkan pembekalan mengenai startup mindset. (FOTO: Mega.Fransisca/Job-Like Magazine)

Memberikan ruang lebar bagi mahasiswa magang untuk berinovasi merupakan cara Generali untuk menciptakan generasi masa depan yang berkualitas. Program magang menjadi salah satu strategi yang dilakukan Generali untuk melakukan perekrutan karyawan baru. Untuk itu, Generali membuka kesempatan magang di departemen-departemennya.

Saat ini, tercatat 42 mahasiswa melakukan magang di 12 departemen, yaitu Talent Acquisition, Finance, Legal & Compliance, IT, Operations, Data Science, Talent People Development (TPD), Internal Audit, Marketing, Product Development & Actuary, Agency, dan Partnership Distribution.

Melalui talkshow dan diskusi “Build Your Startup Mindset”, Generali juga melakukan penyaringan kandidat mahasiswa magang berikutnya. Ini merupakan proses penyaringan kedua yang dilakukan Generali melalui acara talkshow yang digelar di kantor Generali Tower. Proses penyaringan dilakukan melalui hasil grup diskusi para peserta atas tema masalah yang diangkat.

Sebelum proses penyaringan, 45 mahasiswa yang hadir mendapatkan pembekalan ilmu mengenai pentingnya pola pikir startup dalam berkarier di era kecepatan revolusi industri 4.0 dari tiga sosok pemimpin Generali, Agus Ismail (Talent Acquisition, Organization Excellence & Services Head), Anindya Wardhani (Branding & Digital Head), dan Mario Opal Simanjuntak (Internal Audit Group Head).

Penyaringan mahasiswa magang batch II ini bukan yang terakhir yang akan digelar Generali. Kamu tertarik magang seru dan sarat ilmu bersama Generali?

Dukung Mereka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here