Signature OLED TV R: LG Perkenalkan ‘TV Gulung’ di Ajang CES 2019

Signature OLED TV R: LG Perkenalkan ‘TV Gulung’ di Ajang CES 2019
Source: ecoustics

LG kembali memperkenalkan salah satu seri televisi terbarunya di ajang Consumer Electronic Show (CES 2019). Perangkat televisi tersebut adalah LG Signature OLED TV R.

OLED (Organic Light Emitting Diode) pada layar televisi sudah diperkenalkan sekitar 5 tahun lalu. Teknologi tersebut memungkinkan gambar pada layar terlihat lebih terang tanpa perlu menggunakan daya yang terlalu besar. Ini merupakan salah satu kelebihan OLED yang tidak ditemukan di televisi berlayar LCD atau LED.

Gambar terang yang dihasilkan OLED berasal dari material organik yang digunakan sebagai layer penghasil gambar. Selain mampu menghasilkan gambar yang lebih terang, material tersebut juga fleksibel sehingga bersifat lentur.

TV OLED LG: Signature R

Belakangan ini, produsen televisi bukan hanya berlomba-lomba menghasilkan gambar yang mempesona di layar televisi., namun para produsen tersebut juga harus memikirkan bagaimana caranya agar perangkat televisinya tetap sedap dipandang meski dalam keadaan tidak menyala.

LG belum lama ini memperkenalkan seri televisi terbarunya di ajang Consumer Electronic Show 2019 yang digelar di Las Vegas, Amerika. Perangkat tersebut adalah LG OLED Signature R. ‘R’ merupakan kependakan dari ‘rollable’ alias bisa digulung.

Layar Signature OLED TV R berukuran 65 inci dengan ketebalan hanya 3 mm. LG memanfaatkan sifat lentur layarnya untuk menjadikannya bisa digulung. Dengan kata lain, saat dalam keadaan tidak menyala, layar televisi perangkat ini bisa tersimpan dalam keadaan tergulung di dalam box berbahan kayu yang juga sekaligus berfungsi sebagai kabinet televisi. Fungsi lain dari kabinet Signature R adalah sebagai wadah speaker Dolby Atmos 100W yang juga menjadi salah satu fitur perangkat televisi ini.

Baca Juga: LG Pamerkan TV OLED Canggih Setipis Kartu Kredit

Foto: indiatvnews

Signature OLED TV R dibekali kemampuan multimedia dan tiga display mode. Display mode pertama hanya memunculkan layar televisi ini beberapa inci dari kabinetnya. Lewat display mode pertama ini tampilan waktu dan track lagu bisa disaksikan di layarnya. Signature OLED TV R bisa memainkan lagu lewat aplikasi stream musik Alexa atau Airplay 2.

Display mode kedua dan ketiga menampilkan layar beresolusi 4K nya secara penuh. Perangkat televisi ini punya kemampuan untuk menampilkan layarnya secara penuh dalam keadaan sedang menyala. Butuh waktu sekitar 15 detik bagi Signature R untuk menampilkan layarnya secara penuh.

Foto: technabob

Display mode kedua digunakan untuk menyaksikan film-film dengan ratio gambar tinggi. Sedangkan display mode terakhir digunakan untuk menyaksikan acara televisi atau film dengan ratio 16:9.

Selain LG Signature OLED TV R, ajang CES 2019 juga digunakan Samsung untuk memamerkan televisi MicroOLED-nya. Perangkat televisi berukuran 75 inci ini terdiri dari beberapa modul yang bisa dibongkar-pasang. Dengan demikian pemiliknya bisa memasang layar televisinya di mana saja. Selain itu, karena sifatnya yang modular., tidak semua modul harus terpasang. Dengan demikan, pemasangan bisa disesuaikan dengan ukuran dinding atau keadaan ruangan di sekelilingnya.

Khusus LG Signature OLED TV R, perangkat televisi tersebut mulai dipasarkan setelah pertengahan tahun. Menilik dari teknologi yang diusung dan kelebihan yang dimilikinya, Signature OLED TV R diperkirakan akan dibanderol seharga sekitar $20,000.

Beri komentar Anda tentang artikel ini