Yakin Siap Promosi Jabatan? Cek Hal-Hal Ini Dulu Deh!

Sudah berapa lama kamu berkarier di tempat kerja yang sekarang? Apabila sudah cukup lama, sekitar di atas lima tahun, bisa jadi kamu cukup yakin siap promosi jabatan.

Tunggu, sebelum kamu terburu-buru, cek dulu apakah hal-hal berikut ini sudah kamu miliki dan menjadikanmu siap promosi jabatan.

Tanda Siap Promosi Jabatan: Menerima Pekerjaan Tambahan dengan Senang

Pernahkah kamu menerima pekerjaan tambahan dari atasan di luar dari job desc kamu? Kalau iya, bisa jadi atasan kamu mulai pelan-pelan mempercayakan beberapa tugasnya padmu. Pertanyaannya, apakah kamu cukup senang menerimanya atau justru mengeluh?

Saat kamu tidak masalah mengerjakan pekerjaan tambahan, itu tandanya kamu sudah bersikap lebih dewasa dalam bekerja. Kamu pelan-pelan mempelajari hal-hal baru yang kemungkinan akan kamu temui saat menjadi atasan kelak. Jadi, kalau kamu masih mengeluh ketika diberi pekerjaan ekstra, yakin nih mau promosi?

Pandai Membangun Relasi dalam Bersosialisasi

Saat berada di posisi lebih tinggi, mau tidak mau kamu akan lebih banyak menemui orang-orang baru di tingkat lebih tinggi pula. Salah satu tanda kamu siap promosi jabatan adalah kemampuanmu membangun relasi yang baik saat bersosialisasi. Kamu begitu luwes saat bertemu orang-orang dan paham bagaimana seharusnya bersikap.

Sekilas hal ini sepertinya bisa dilakukan semua orang ya. Hanya saja, tidak semua orang punya kemampuan membangun komunikasi yang baik. Latihlah dirimu dalam hal ini, entah dengan atasan, rekan kerja, hingga klien.

Suka Berinisiatif adalah Salah Satu Tanda Siap Promosi Jabatan

Seseorang yang selangkah lebih maju daripada rekan kerja lain punya potensi lebih banyak untuk mendapatkan promosi jabatan. Kalau kamu cenderung suka menjadi inisiator di antara rekan-rekan kerja, kamu mungkin punya bibit menjadi pemimpin. Oleh sebab itu, tanamkanlah sikap inisiatif dalam setiap pekerjaan.

Suka berinisiatif dalam tim dapat juga menumbuhkan rasa kepercayaan sesama rekan kerja kepadamu loh. Jadi, ketika kamu sudah mendapatkan hal tersebut, bukan tidak mungkin kelak kamu bisa menjadi pemimpin bagi mereka.

Baca Juga: 4 Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Strategis buat Calon Manajer

Kinerja di Kantor Selalu Menunjukkan Progres Positif

Tanda kamu siap promosi jabatan adalah konsisten menunjukkan kinerja yang positif. Tidak masalah kalau kamu pernah melakukan kesalahan. Pastikan kesalahan tersebut menjadi pelajaran buatmu untuk bekerja selanjutnya.

Coba sejenak berkaca pada kariermu selama beberapa tahun ini. Bandingkan hal-hal apa saja yang dulu belum bisa kamu lakukan saat pertama kali masuk hingga apa yang sekarang kamu capai. Kalau kamu selalu menemukan progres positif, bisa dipastikan kamu makin dekat dengan promosi jabatan.

Jika Perlu, Katakan Saja dengan Jujur kalau Kamu Siap Promosi Jabatan

Kamu sudah merasa punya kinerja yang baik, tapi belum ditawari promosi juga ya? Kalau berdiam diri tak membuatmu tenang, ungkapkan saja pada atasanmu. Bicarakan pada atasanmu kalau kamu sudah cukup lama bekerja kok, menyumbang kinerja baik, dan merasa layak untuk mendapat promosi.

Apakah menawarkan diri untuk kenaikan jabatan adalah hal yang salah? Tentu tidak karena kadang kamu pun butuh untuk menunjukkan kualitas dirimu dalam berkarier. Siapa tahu selama ini atasanmu juga tengah menunggu kesiapanmu untuk bisa promosi.

Dari kelima poin di atas, kira-kira kamu sudah mengalami yang mana saja nih? Semoga kamu siap promosi jabatan di tahun depan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here