Untuk Mendapat Ide Segar, Punya Skill Berpikir Kreatif Itu Wajib

Apakah selama ini Anda merasa kesulitan memunculkan ide-ide baru di tempat kerja? Apakah Anda merasa seperti bukan tipe orang yang kreatif? Bila jawabannya iya, jangan menyerah. Menjadi pemikir kreatif adalah sebuah skill yang dapat diajarkan. Kuncinya, Anda hanya perlu memiliki kemauan dan kesabaran untuk bertahan.

Nah, bila Anda ingin punya skill berpikir kreatif, Anda bisa memulainya dengan mengikuti saran-saran berikut ini untuk menstimulasi pemikiran imajinatif.

Baca Buku Baru

Apakah Anda selalu membaca buku dengan jenis yang sama? Jika demikian, Anda perlu sedikit mengubahnya dan mengambil buku yang biasanya tidak Anda baca. Ini tidak hanya akan menantang otak untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa, tetapi juga akan membantu Anda memiliki skill berpikir kreatif yang akan mengalir begitu saja. Plus, cara ini juga dapat membangun kosakata dan meningkatkan pengetahuan Anda untuk dapat menghasilkan ide-ide baru.

Lakukan Sesuatu yang Biasanya Tidak Anda Lakukan

Baik itu menonton film yang biasanya tidak Anda minati, atau melakukan aktivitas yang biasanya tidak Anda lakukan akan membuat Anda mendapatkan pengalaman baru. Mengeksplorasi pengalaman baru secara otomatis akan membuat diri Anda memiliki kesempatan untuk mempelajari skill baru. Inilah yang Anda perlukan untuk bisa memiliki skill berpikir kreatif.

Baca Juga: Ingin Berpikir Lebih Kreatif dan Efisien? Lakukan 4 Cara Cerdas Ini untuk Meningkatkan IQ

Ubah Kebiasaan Makan Anda

Percaya atau tidak, tetapi apa yang Anda makan dapat memengaruhi kreatifitas Anda. Ada banyak penelitian yang mendukung klaim tersebut. Memang, mengonsumsi makanan sehat tidak hanya dapat mendorong kemampuan kognitif, tetapi juga kekuatan fisik.

Jadi, pastikan Anda untuk memiliki kebiasaan makan sehat, termasuk camilan sehat yang Anda bawa ke kantor kalau ingin punya skill berpikir kreatif.

Olahraga

Olahraga umumnya baik untuk semua hal, mulai dari perhatian penuh hingga merasa sehat. Namun, tahukah Anda? Punya kebiasaan olahraga juga dapat mengasah skill berpikir kreatif juga.

Bahkan, Christopher Bergland menjelaskan dalam Psychology Today bahwa olahraga memungkinan pikiran Anda sadar untuk mengakses ide-ide segar yang terkubur di alam bawah sadar. Jadi, jangan ragu lagi untuk terus memiliki kebiasaan olahraga secara teratur.

Sering bepergian

Traveling juga dapat menjadi salah satu pengalaman yang paling menginspirasi dalam hidup Anda. Menemukan kultur baru dapat memercikan ide-ide baru hingga bisa meningkatkan skill berpikir kreatif, tanpa Anda mengetahuinya.

Jadi, bila otak Anda sedang mandek tidak bisa berpikir lagi, cobalah untuk rileks dengan traveling untuk bisa mendapatkan ide segar.

Brainstorm dengan Orang Lain

Bahkan, para penemu hebat memerlukan orang-orang di sekitar mereka untuk memantulkan energi darinya. Contohnya, Mark Zuckerberg atau Richard Branson. Mereka hanya merekrut yang terbaik dari yang terbaik untuk membantu bisnis bisa tumbuh dan mendorong proses berpikir kreatif untuk mengembangkan produk baru yang inovatif.

Bila Anda ingin melatih otak untuk menjadi lebih kreatif, sisakan waktu satu jam bebas untuk berkumpul bersama-sama dengan rekan kerja dan melakukan sesi brainstorming. Anda akan terkejut betapa aktivitas ini dapat menjadi ilham untuk mendapatkan ide segar.

Redupkan Lampu

Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa meredupkan lampu dapat meningkatkan level skill berpikir kreatif, membuat Anda merasa lebih bebas dan secara umum membuat Anda memiliki wawasan lebih luas dan kreatif untuk memecahkan masalah.

Jadi, lain kali jika otak Anda tidak bisa diajak kompromi untuk berpikir kreatif, coba redupkan lampu pada level yang membuat Anda nyaman dan lihat bila ide-ide segar pun akan mulai bermunculan di kepala Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here