Deretan Skill Paling Dicari oleh Perusahaan di Masa Kini

Kini makin banyak skill paling dicari oleh perusahaan yang wajib dimiliki pelamar kerja. Kemajuan industri dan teknologi mau tidak mau memaksa para pencari kerja meningkatkan kemampuan mereka. Bukan hanya hard skill, melainkan juga soft skill.

Kira-kira soft skill macam apa yang dibutuhkan perusahaan di masa sekarang? Berikut beberapa skill paling dicari dan sebaiknya mulai disiapkan para pelamar kerja. Pelajari baik-baik ya!

Pemikiran Kritis sekaligus Problem Solving

Skill paling dicari yang pertama adalah pemikiran kritis. Seseorang dengan kemampuan ini sangat dibutuhkan perusahaan. Berpikir kritis menjadi modal paling penting untuk pengembangan dan inovasi perusahaan.

Selain itu, skill ini juga harus diimbangi dengan problem solving. Bukan hanya pandai menemukan masalah, tetapi sekaligus memecahkannya. Paduan dua kemampuan ini paling ampuh menarik hati perusahaan di era maju seperti sekarang.

Kepemimpinan dan Komunikasi

Di sisi lain, kemampuan analisis baik juga mesti dibarengi sikap kepemimpinan. Bagaimana pun juga, perusahaan akan mencari bibit-bibit pemimpin di masa depan. Setidaknya pelamar kerja harus menunjukkan sanggup memimpin dirinya sendiri.

Komunikasi juga menjadi skill paling dicari di masa kini. Percuma jika cerdas dan punya kemampuan memimpin, tapi tidak mampu berkomunikasi dengan baik. Kemampuan komunikasi yang dibutuhkan pun meliputi komunikasi tertulis dan langsung.

Baca Juga: Membangun Karier Saat Pandemi biar Tetap Berkembang, Begini Tipsnya!

Kerja Sama dan Kolaborasi

Bekerja di zaman sekarang sangat menuntut kerja sama tim, bukan kerja individu. Jadi, pelamar kerja sebaiknya punya pengalaman bekerja dalam tim dengan baik. Kecakapan satu individu menjadi sia-sia andai dia tak mampu berkontribusi dalam tim.

Bukan hanya kerja sama dalam satu tim, kemampuan kolaborasi antartim juga amat diperlukan. Di masa depan akan semakin banyak pekerjaan yang membutuhkan kolaborasi. Andai pelamar kerja punya cukup skill di sini, pastilah jadi incaran perusahaan.

Bekerja Secara Profesional

Terakhir, profesionalisme menjadi skill wajib paling dicari dan mutlak dimiliki. Profesionalisme di sini berarti sanggup bertanggung jawab penuh pada pekerjaan yang diberikan. Fokus pada pekerjaan tanpa mudah terbawa oleh hal-hal eksternal yang mengganggu.

Hal-hal eksternal sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari gesekan internal perusahaan, masalah pribadi, hingga masalah keluarga. Intinya, jangan mudah baper membawa masalah ke pekerjaan.

Masukkan keempat skill paling dicari di atas sebagai bahan pembelajaranmu mulai sekarang. Siapkan diri sebaik mungkin hingga meraih karier impian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here