Membedah Black Shark, Smartphone Paling Kencang versi AnTuTu

Membedah Black Shark, Smartphone Paling Kencang versi AnTuTu
Source: viva

AnTuTu belum lama ini merilis daftar smartphone paling kencang di bulan Juni 2018. Posisi teratas ditempati oleh Xiaomi Black Shark. Seperti apa kemampuan dan spesifikasinya?

Situs benchmarking AnTuTu membandingkan 1.000 unit perangkat untuk mengetahui smartphone mana yang paling kencang kinerjanya. Untuk mengetahuinya AnTuTu menggunakan tool berupa aplikasi AnTuTu versi 7.

Hasilnya, Xiaomi menempatkan salah satu perangkatnya di posisi teratas. Posisi tersebut ditempati oleh Black Shark. Perangkat ini mendapatkan poin sejumlah 287,759.

Black Shark: Smartphone Kencang Edisi Juni 2018

Xiaomi merilis Black Shark sebagai smartphone gaming. Seperti kebanyakan smartphone gaming, Black Shark dibungkus oleh bodi rugged berwarna hitam. Perangkat ini menggunakan layar yang cukup lebar, yakni 5.9 inchi dengan aspect ratio 18:9. Fingerprint sensor tertanam di bagian bawah layarnya. Ukuran layar Black Shark ini sedikit lebih besar dari ukuran layar yang digunakan oleh pesaingnya, yakni Razer Phone (5.7 inchi).

Xiaomi membenamkan spesifikasi yang cukup gahar di Black Shark. Karenanya tak heran jika perangkat ini didapuk sebagai smartphone paling kencang. Black Shark menggunakan octacore CPU 4×1.7 GHz Cryo 385 Silver dan 4×2.7 GHz Cryo 385 Gold.

Sedangkan chipset yang digunakan adalah Snapdragon 845 yang disandingkan dengan RAM 6 GB atau 8 GB. Untuk pengolah grafisnya, perangkat bersistem operasi Android Oreo menggunakan Adreno 630 GPU.

Baca Juga: AnTuTu Rilis Peringkat Smartphone Paling Cepat, iPhone 8 Plus Teratas

Di bagian kamera, Black Shark hanya dibekali dua kamera standar yang masing-masing berada di bagian depan (selfie) dan belakang. Keduanya menggunakan lensa kamera 20 MP. Selain itu, sebagai penanda bahwa Black Shark adalah smartphone gaming, perangkat ini dibekali pula oleh shark button.

Jika shark button ditekan, maka mode perangkat ini seketika berubah menjadi gaming mode dan siap digunakan untuk bermain game. Xiaomi juga menyediakan black shark gamepad sebagai joystick tambahan. Gamepad ini terkoneksi dengan Black Shark melalui bluetooth dan bekerja menggunakan baterai 340 mAH. Black Shark sendiri memiliki kapasitas baterai cukup besar, yakni 4,000 mAH.

Posisi Black Shark di peringkat smartphone paling kencang versi AnTuTu diikuti oleh Vivo NEX dan One Plus Mobile Phone 6. Sedangkan Samsung menempatkan perangkatnya di posisi 8 (Galaxy 9). Sementara itu, untuk bulan Juni 2018 tidak ada satu pun perangkat milik Apple berada di sepuluh besar peringkat smartphone tercepat versi AnTuTu.

Beri komentar Anda tentang artikel ini