Pixel Watch, Debut Pertama Google di Ranah Smartwatch

Pixel Watch: Debut Google di Ranah Smartwatch
Source: kidskunst

Google gencar diberitakan akan merilis perangkat smartwatch pertamanya yakni Pixel Watch. Beberapa sumber bocoran telah merilis informasi mengenai fitur dan spesifikasi Pixel Watch.

Belum diketahui seperti apa tampilan dari Pixel Watch nanti. Namun, diperkirakan yang akan menyita perhatian para pengamat gadget adalah kemampuan sistem operasi Wear OS yang dimiliki. Sebelumnya, Google menamai sistem operasi ini Android Wear.

Dilansir Wareable, Wear OS pada Pixel Watch kabarnya akan dibekali dengan kemampuan Assistant. Sebelumnya, Assistant sudah menjadi fitur wajib yang ada di perangkat smartphone Pixel. Keberadaannya terintegrasi dengan fitur-fitur dan aplikasi lainnya seperti Google Maps dan Google Lens.

Fitur Pixel Watch

[Bocoran] Fitur Pixel Watch
Foto: slashgear
Dengan disematkannya Assistant di Pixel Watch, maka perangkat tersebut akan memiliki kemampuan merekomendasikan aktivitas tertentu sesuai fungsi Pixel Watch sebagai fitness tracker. Seperti misalnya merekomendasikan lokasi terbaik atau lokasi terdekat untuk melakukan kegiatan olahraga.

Selain Assistant, pada Wear OS juga dikabarkan akan disematkan fitur pelatih olahraga atau Google Coach. Berbeda dari Assistant yang cenderung merekomendasikan hal-hal yang umum, fitur Google Coach lebih berfokus pada rekomendasi intensitas olahraga berdasarkan data yang dimiliki.

Untuk spesifikasi hardwarenya, Pixel Watch dikabarkan akan menggunakan chipset Snapdragon 3100. Beberapa kelebihan yang dimiliki Snapdragon 3100 adalah kemampuannya menghemat daya serta memungkinkan produsen menggunakan desain smartwatch yang ringkas. Snapdragon 3100 tentunya sudah compatible dengan beberapa fitur pendukung yang umumnya ada pada perangkat smartwatch. Diantaranya adalah GPS, Bluetooth, dan LTE.

Demi mewujudkan kehadiran Pixel Watch, Google kabarnya telah mengeluarkan 40 juta US Dollar untuk membeli teknologi smartwatch milik produsen jam tangan Fossil.

Baca Juga: Pilihan Smartwatch Masa Kini, Apple Watch 3 atau Samsung Gear Sport?

Foto: wareable

Menurut beberapa sumber bocoran, Pixel Watch dikabarkan akan dirilis pada tahun lalu, atau bersamaan waktunya dengan perilisan Pixel 3. Namun nampaknya Google baru akan melakukannya pada tahun ini. Situs 9to5Google melansir, Google akan merilis tiga perangkat baru dalam waktu dekat ini. Ketiga perangkat tersebut telah diberi kode nama berdasarkan nama-nama ikan. Masing-masing adalah walleye, medaka, dan salmon.

Walleye kabarnya merupakan kode nama untuk perangkat smartphone Pixel 2. Sedangkan sisanya merupakan kode nama untuk perangkat smartwatch. Dengan demikian akan ada dua varian Pixel Watch yang nanti akan dirilis.

Waktu rilis diperkirakan akan bersamaan dengan waktu perilisan Pixel 3 tahun lalu yakni di bulan Oktober. Namun, Google juga memiliki event tahunan terdekat yang biasanya digelar di bulan Mei yakni Google I/O. Dengan demikian, ada kemungkinan Pixel Watch akan diperkenalkan pada saat Google I/O digelar.

Beri komentar Anda tentang artikel ini