Bagaimana Sih Cara Paling Efektif untuk Berhemat Setelah Dipecat?

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menjadi hal yang tak dapat dihindari sebagai salah satu dampak besar wabah COVIDd-19. Kamu pasti terkejut dan tidak siap bila mengalami PHK mendadak. Namun, ketidaksiapan tersebut tak boleh membuat kamu lalai berhemat setelah dipecat.

Jangan bilang sulit dulu soal berhemat setelah dipecat. Mulai sekarang, sebaiknya kamu melakukan beberapa hal berikut ini agar kondisi keuangan tidak terlalu terganggu pasca mengalami PHK:

Mengatasi Keinginan untuk Berbelanja Secara Berlebihan

Kebiasaan belanja untuk kepuasan pribadi tak jadi masalah besar jika kamu masih punya gaji bulanan. Sebaliknya, kebiasaan ini justru harus diminimalkan supaya kamu bisa tetap berhemat setelah dipecat.

Usahakan untuk membeli produk kebutuhan yang benar-benar penting sehingga kamu tidak mengeluarkan uang demi hal-hal bersifat konsumtif.

Baca Juga: Belanja Bulk: Solusi Praktis Mengurangi Jumlah Sampah Plastik

Cermat Membandingkan Harga Saat Belanja Online

Berhemat setelah dipecat tak harus membuat kamu menghentikan aktivitas belanja online. Kamu hanya perlu lebih cermat membandingkan harga saat belanja online. Jangan ragu meluangkan waktu untuk membandingkan harga pada beberapa toko online.

Selain itu, kamu juga bisa berbelanja di platform e-commerce terpercaya yang memberikan promo cashback dan gratis ongkir. Belanja online dapat mendukung upaya penghematan asalkan kamu cuma membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga.

Memanfaatkan Cashback Semaksimal Mungkin

Jangan menganggap remeh cashback yang diberikan oleh platform e-wallet di tanah air. Kamu wajib memanfaatkan promo cashback tersebut sebagai upaya berhemat setelah dipecat. Sebelum membeli atau membayar sesuatu, cobalah lebih jeli mencari informasi cashback yang tersedia.

Selain itu, kamu juga mesti menggunakan e-wallet yang bebas biaya transfer dan administrasi demi mendukung upaya penghematan secara maksimal.

Melunasi Utang Jika Kondisi Finansial Memungkinkan

Kalau kamu ingin berhemat setelah dipecat, sebaiknya kamu juga melunasi utang jika kondisi finansial memungkinkan. Biasanya ada jenis-jenis utang tertentu yang akan memberikan korting jika kamu melunasinya lebih awal, misalnya program pinjaman Kredit Gadai Sistem Angsuran (Krasida) di Pegadaian.

Kamu dapat melunasi pinjaman jika memiliki jumlah tabungan memadai sehingga kamu tak dibuat pusing oleh angsuran utang pada bulan-bulan berikutnya.

Membatasi Aktivitas di Luar Rumah

Tak banyak orang yang menyadari kalau beraktivitas di luar rumah dapat meningkatkan risiko boros. Jika ingin berhemat setelah dipecat, sebaiknya kamu membatasi aktivitas di luar rumah. Berusahalah melakukan kegiatan produktif selama berada di luar rumah (misalnya berolahraga atau berkebun) sehingga keinginan untuk jajan dan berbelanja jadi berkurang.

Sambil berhemat setelah dipecat, jangan lupa mencari sumber pemasukan baru melalui pekerjaan atau bisnis sampingan. Jangan sampai kondisi finansial kamu jadi tak stabil karena terlalu lama menganggur, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here