Talent Pool: Solusi Efektif Menghadapi Ketatnya Persaingan Bisnis

Sumber : Blue Ocean

Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk cekatan berbenah diri. Aspek Sumber Daya Manusia (SDM) tentu tak boleh diabaikan begitu saja. Karena keberadaan karyawan-karyawan potensial jelas sangat dibutuhkan perusahaan. Itulah sebabnya program talent pool mulai dijalankan demi mendukung kemajuan bisnis perusahaan.

Talent pool dapat didefinisikan sebagai program khusus perusahaan yang bertujuan menyiapkan pemimpin-pemimpin baru dengan tingkat kompetensi terbaik.

Biasanya, perusahaan akan mengumpulkan sejumlah karyawan potensial dari berbagai divisi untuk mendapatkan pembinaan khusus. Dengan demikian, karyawan tersebut diharapkan mengalami perkembangan kemampuan yang pesat dan siap ditempatkan pada jabatan tertentu di perusahaan.

Program Pembinaan Harus Dilakukan secara Intensif

Sumber : HR Daily Advisor

Suatu perusahaan yang ingin menjalankan program talent pool harus memiliki kesiapan konsep dan program yang matang. Setiap program yang akan dijalankan harus sesuai dengan tujuan perusahaan. Tujuan yang jelas akan mempermudah implementasi ilmu bagi sejumlah karyawan berkualitas. Penanggung jawab program tersebut harus mampu mengarahkan talent pool menjadi wadah baru yang benar-benar bermanfaat bagi karyawan maupun perusahaan.

Baca Juga: Cara Membantu Karyawan Mengembangkan Diri sebagai Aset Perusahaan

Jangan Hanya Mengobral Janji Manis

Sumber : Blog Harri

Program talent pool tak jarang menjadi ajang bagi perusahaan untuk mengobral janji manis kepada karyawan. Para karyawan dijanjikan jabatan tinggi dan sejumlah fasilitas lainnya bila berhasil menyelesaikan tahapan program tersebut. Sebenarnya, sah-sah saja bila perusahaan ingin memberi tahu bahwa karyawan sedang dibina secara intensif. Supaya hal tersebut menjadi motivasi khusus untuk mendukung kemajuan karyawan.

Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi janji manis yang tak kunjung diwujudkan. Perusahaan berhak menentukan perubahan keputusan dengan mempertimbangkan perkembangan karyawan dalam proses talent pool.

Tak Perlu Memaksa Karyawan

Sumber : Chajarialdia

Tak sedikit perusahaan yang menjalankan program talent pool dengan sistem paksaan. Padahal, setiap karyawan berhak menyatakan keberatan untuk program tersebut. Misalnya, karyawan yang lebih memprioritaskan keluarga biasanya enggan mengikuti program khusus di perusahaan. Sebab pelaksanaan program tersebut pasti menyita waktu, tenaga, dan pikiran.

Sedangkan karyawan yang berambisi mengembangkan karier justru sangat cocok dengan program talent pool. Bila tidak ada paksaan dari perusahaan, setiap karyawan bebas menentukan pilihannya dan tetap mampu menyelesaikan pekerjaan secara nyaman.

Bila Anda dan tim Human Resource Development (HRD) lainnya ingin mengembangkan potensi karyawan secara maksimal, tak ada salahnya menyiapkan program talent pool dari sekarang. Peluang untuk mengembangkan perusahaan dan memenangkan kompetisi pasar pun akan terbuka lebar.

Beri komentar Anda tentang artikel ini