Tips: Lakukan 3 Hal Ini ketika Rekan Kerja Tak Bisa Bekerja Sama Lagi

Sebuah tim akan sukses ketika setiap anggotanya saling percaya dan bisa diandalkan satu sama lain. Jika ada satu saja yang tak bisa bekerja sama, maka konflik akan terjadi. Situasi akan tambah parah bila tidak ada tindakan untuk memerbaikinya.

Mediasi menjadi jalan yang paling efektif dalam menyelesaikan masalah. Namun, proses mediasi membutuhkan persiapan yang matang karena bisa menjadi bumerang dan menimbulkan masalah baru bila eksekusinya salah. 

Nah, apa yang harus kamu lakukan ketika ada rekan kerja yang tak bisa bekerja sama lagi di dalam tim? Yuk simak tips berikut ini.

Mengumpulkan Informasi Penting

Salah satu langkah pertama untuk mediasi adalah mengumpulkan informasi. Pengumpulan informasi akan memastikan kamu untuk memahami perspektif dari semua pihak yang terlibat.

Kamu bisa mengumpulkan informasi dengan berbicara kepada pihak yang terlibat secara pribadi. Ketika ada karyawan yang menyampaikan keluhannya, kamu bisa menggunakannya sebagai dasar penilaian.

Tapi, pastikan informasi tersebut valid. Pasalnya, informasi yang bias akan menimbulkan perselisihan. Jadi, berhati-hatilah dalam memisahkan fakta dan pendapat.

Baca Juga: Kenali Hal Ini untuk Mengurangi Konflik di Tempat Kerja

Identifikasi Solusi dan Tidak Memaksanya

Konflik yang terjadi mungkin tidak diidentifikasi berdasarkan root cause tapi hanya fokus kepada gejala saja. Ini sering menjadi kesalahan yang pada akhirnya mempersulit proses menemukan solusi yang tepat.

Kembali ke poin di atas, melakukan investigasi dengan bertanya kepada pihak yang berkepentingan sangat penting dalam menyelesaikan konflik. Tapi, jangan gunakan metode band-aid yang hanya memperkeruh suasana.

Pasalnya, ketika dua pihak yang konflik dipaksakan untuk bekerja sama akan memperumit situasi. Cari tahu dulu permasalahannya dan perbaiki sebelum menugaskan keduanya untuk bekerja sama lagi.

Peninjauan Kembali 

Ketika mediasi sudah diproses, dan setiap pihak sudah berjanji tidak akan mengulangi lagi, maka ini saatnya untuk masa peninjauan. Jika sudah menemukan solusi yang disetujui kedua belah pihak, luangkan waktu untuk memantau kemajuan.

Selain itu, peninjauan ini juga digunakan sebagai kontrol untuk memastikan jika masalah ini tidak akan pernah terjadi di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here