Sri Mulyani: Kurangi Jajan Kopi untuk Nabung Dana Pensiun

nabung dana pensiun
Sumber: zonadamai

Beberapa waktu lalu, generasi millennial mendapat sindiran dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Beliau dalam seminar yang dihadirinya mengimbau para generasi millennial untuk mengurangi jajan kopi ataupun menghabiskan penghasilan untuk gaya hidup yang kekinian. Imbauan tersebut tak lain ialah agar generasi millennial bisa menyisihkan penghasilannya untuk persiapan dana pensiun.

Tampaknya sindiran Menteri Keuangan menjadi teguran keras bagi generasi millennial. Tak heran, anak muda zaman sekarang memang senang menghamburkan uang untuk mengikuti gaya hidup kekinian, salah satunya ngopi-ngopi. Sangat sedikit anak muda yang paham betul dan sadar akan pentingnya menyiapkan dana pensiun sejak dini. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda menabung untuk dana pensiun?

Kurangi jajan dan nongkrong, sisihkan penghasilan sejak dini untuk nabung dana pensiun

orang boros menabung

Pentingkah Nabung Dana Pensiun?

Apa yang kelak terjadi di masa depan tidak bisa diprediksi. Sebagai manusia biasa, Anda hanya bisa mempersiapkannya sejak dini dengan sebaik mungkin. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk mempersiapkan masa depan terjamin ialah dengan mempersiapkan dana pensiun. Menghimpun dana pensiun sedari dini tentulah sangat penting. Akan tiba masanya Anda tak lagi produktif untuk bekerja dan tak lagi memperoleh penghasilan seperti masa-masa Anda bekerja.

Baca Juga: GarudaFood, dari Perusahaan Keluarga ke Perusahaan Terbuka yang Mendunia

Meskipun sudah lepas dari rutinitas sehari-hari, tentunya Anda tetap membutuhkan berbagai kebutuhan dalam hidup bukan? Terlebih lagi memasuki usia senja tak bisa dipungkiri kebutuhan akan semakin bertambah dan naik harganya. Anda tentunya tidak bisa hanya mengandalkan anak atau cucu untuk membiayai hidup Anda. Persiapkanlah sejak dini dana untuk membiayai hidup Anda di masa pensiun kelak. Jika tak mau hidup susah ataupun bergantung pada orang lain, mulailah menghimpun dan nabung dana pensiun sejak dini.

Cara Nabung Dana Pensiun

dana pensiun

Dana pensiun bisa Anda himpun sejak sekarang dengan berbagai cara. Sesuaikanlah cara yang akan Anda tempuh untuk nabung dana pensiun sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Tentukan Target

Menetapkan target di awal tentunya akan membuat langkah menabung dana pensiun lebih terarah. Adanya target yang Anda tetapkan tentunya akan membuat Anda lebih fokus untuk mencapainya. Sehingga, Anda akan lebih mudah menghindari berbagai godaan ataupun hal-hal yang mengurungkan niat nabung dana pensiun. Anda bisa menetapkan nominal dana pensiun yang ingin Anda capai kelak.

Pilih Cara yang Tepat

Ada berbagai cara dan media yang bisa Anda andalkan untuk menghimpun dana pensiun. Mulai dari tabungan konvensional, reksa dana, properti, ataupun mempercayakannya pada program-program persiapan hari tua. Sesuaikanlah dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Selain itu, sangat penting untuk mengetahui secara detail mengenai risiko, kelebihan, dan kelemahannya masing-masing.

Hari depan merupakan rahasia yang sangat sulit untuk diprediksi. Walau demikian, Anda tetap bisa mempersiapkan hari depan sebaik mungkin, salah satunya dengan nabung dana pensiun sejak sekarang. Lebih baik bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here