Males Antri di Car Wash? Nih Ada Startup Cuci Mobil On Demand

Memasuki musim penghujan mobil seringkali lebih cepat kotor dari biasanya. Untuk membersihkannya bukan perkara yang mudah. Pasalnya pemilik mobil punya keterbatasan waktu. Kalaupun mobil dibawa ke tempat pencucian mobil, seringkali sudah banyak yang mengantri.

Startup cuci mobil on demand hadir untuk mengatasi kendala ini. Layanannya bisa dinikmati para pemilik mobil yang ingin mobilnya dicuci di tempat. Dan sudah ada beberapa startup cuci mobil on demand di Indonesia.

Namun, setiap startup menyediakan layanan yang beragam bagi para pemilik kendaraan. Model bisnis yang dimiliki juga berbeda antara startup satu dengan yang lainnya.

Biaya dan Jenis Layanan Startup Cuci Mobil

Salah satu startup cuci mobil on demand yang cukup pesat perkembangannya adalah Mobiklin. Perusahaan yang berdiri pada akhir 2018 ini menggandeng mitra sebagai tim pencuci mobil.

Dilansir Kontan, sudah ada 100 mitra pencuci mobil yang bergabung dengan Mobiklin. Perusahaan ini mengklaim setiap mitranya bisa mendapatkan order dari 20 pengguna dalam seminggu.

Mobiklin menawarkan beberapa paket berlangganan untuk pengguna. Paket-paket tersebut adalah diamond, gold dan silver. Masing-masing paket menawarkan jumlah kunjungan ke tempat pelanggan yang berbeda dalam sebulan. Harganya juga bervariasi sesuai jenis paket yang diambil. Konsumen bisa memesan dengan mengunjungi situs resmi Mobiklin atau lewat layanan chat WhatsApp.

Model bisnis yang dipilih Mobiklin juga digunakan oleh startup cuci mobil on demand lainnya, yaitu Hepicar. Bedanya, konsumen tidak perlu berlangganan jika ingin mendapatkan layanan cuci mobil Hepicar. Perusahaan ini mematok harga Rp 30 ribu sampai Rp 100 ribu untuk jasa mencuci mobil yang dilakukan oleh tim Hepicrew dari Hepicar.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung, Ini Tips Membeli Mobil untuk Pertama Kalinya

Satu hal lagi yang membedakan Hepicar dengan Mobiklin, yakni layanan perbaikan dan perawatan mobil yang ditawarkan Hepicar. Seperti perbaikan AC dan pergantian oli serta aki mobil.

Hepicar sudah menggandeng 350 mitra dengan 80 sampai 100 order dalam seminggunya. Perusahaan ini menyediakan layanannya di kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Model bisnis lain digunakan oleh startup cuci mobil Otospa. Otospa memilih untuk tidak langsung menggandeng mitra pencuci mobil. Dari sisi layanan, Otospa memperkenalkan teknologi pencucian mobil dengan menggunakan uap. Selain itu perusahaan ini juga menyediakan layanan auto detailing.

Biaya pencucian mobil Otospa dipatok antara Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu. Perusahaan ini menyediakan layanannya di kawasan Tangerang dan mengklaim menerima 50 hingga 70 order dalam seminggu.

Beri komentar Anda tentang artikel ini