Moduit Reksa Dana Kegundahan 15 Tahun Jeffry Lomanto

Jeffry Lomanto, Founder & CEO Moduit. (Foto: Mega.Fransisca/Job-Like Magazine)

Rasa frustrasi selama 15 tahun bekerja untuk perusahaan asuransi mendorong Jeffry Lomanto untuk mendirikan perusahaan rintisan atau startup teknologi finansial yang memfasilitasikan transaksi reksa dana. Ia tergerak untuk memberikan kemudahan bagi investor reksa dana yang belum didapat dari perusahaan asuransi konvensional.

Kepada Job-Like Magazine, Jeffry mengungkapkan kerumitannya dalam menjaring konsumen untuk tertarik berinvestasi reksa dana. Minimnya edukasi mengenai reksa dana hingga birokrasi yang terbelit-belit menjadi tantangan besar yang ia hadapi selama 15 tahun.

Kegundahan panjang yang ia rasakan berakhir dengan keputusannya mendirikan Moduit, pada 2018, sebuah platform untuk berinvestasi reksa dana dengan lebih mudah melalui teknologi. Proses perkenalan reksa dana secara konvensional yang biasanya berlangsung selama tiga jam kini ia pangkas menjadi 12 menit.

Moduit platform teknologi finansial. (Foto: dok. Moduit)

“Ini semua berawal dari rasa frustasi. Saya 15 tahun jualan reksa dana secara konvensional. Prosesnya panjang sekali. Untuk mengedukasi satu orang hingga akhirnya ia bertransaksi membutuhkan waktu tiga jam,” cerita Jeffry.

“Nahasnya, 15 tahun berselang tidak ada perubahan yang signifikan. Tapi, dengan teknologi yang kami kembangkan ini, konsumen menjadi lebih terbantu. Milenial juga lebih tertarik karena faktor teknologi ini,” katanya.

Ya, Moduit menyasar generasi milenial untuk lebih peduli mengenai investasi berupa reksa dana. Melalui edukasi yang lebih atraktif di platform Moduit, milenial mulai memahami keuntungan reksa dana. 

Baca Juga: Konsep Dasar Kelola Keuangan Sebelum Memulai Investasi Reksa Dana

Moduit mengedukasi konsumen untuk melakukan investasi berdasarkan profil masing-masing yang kemudian disesuainya dengan risikonya. Misalnya, profil konvervatif memiliki kecenderungan untuk menghindari risiko kerugian dan ingin mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, investasi yang cocok adalah reksa dana pasar uang, deposito, dan tabungan.

Bagi mereka yang moderat akan diarahkan untuk berinvestasi pada reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran karena telah memahami bahwa sebuah investasi bersifat fluktuatif dan siap menerima risiko yang tinggi.

“Dengan edukasi melalui platform kami, sekarang generasi milenial memiliki motif untuk self learning. Mereka lebih percaya diri untuk mencoba, berbeda dengan generasi sebelumnya. Dan buat yang belum tahu harus berinvestasi yang mana, alat kami akan merekomendasikan sesuai profil konsumen,” tutur Jeffry.

“Setelah kami pelajari profilnya, kami juga akan memelajari lagi lebih dalam tentang keuntungan dan sisi buruknya. Dengan berinvestasi, khususnya milenial, mulai membiasakan diri untuk disiplin. Karena menurut survei, milenial mengalami krisis tabungan. Mereka spend too much, tapi save little,” lanjutnya.

Saat ini Moduit telah mendapatkan dua lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebagai agen perantara efek reksa dana dan penasehat investasi. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah memberikan lisensi sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE).

Dalam prosesnya, Moduit juga telah melakukan agregat fase pertama berupa fund manager melalui kerja sama 14 partner yang terdiri dari 60 produk. Untuk proses pembayaran, Moduit juga bekerja sama dalam payment gateway bersama Gojek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here