[Story] Ridwan Hanif: Mengawali Autonetmagz dari Mobil Rental

Review Otomotif Autonetmagz
Source: boombastis

Di usianya yang masih belia Ridwan Hanif merintis berdirinya Autonetmagz. Saat ini Autonetmagz menjadi salah satu rujukan para penggemar otomotif Indonesia.

Situs Autonetmagz menampilkan artikel-artikel dan informasi tentang dunia otomotif. Situs ini juga memiliki channel YouTube yang cukup banyak viewersnya. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 600 subscriber yang selalu menunggu tayangan video baru dari Autonetmagz.

Keberadaan Autonetmagz tidak bisa dilepaskan dari founder nya yakni Ridwan Hanif. Ketertarikan pada dunia otomotif menjadi alasan didirikannya Autonetmagz.

“Saya suka kepo tentang mobil atau motor baru sih,” ungkap Ridwan seperti dikutip TechInAsia.

Review Mobil Autonetmagz

Sebelum memulai Autonetmagz, Ridwan kerap menulis artikel di blog pribadi miliknya yang bernama Ridwanmobil.com. Keluarga Ridwan juga memiliki usaha rental mobil. Namun demikian, Ridwan bermaksud menelusuri lebih jauh dunia otomotif Indonesia.

Pria yang kerap dipanggil ‘sultan’ itu lalu mulai mencoba membuat situs otomotif baru yang lalu diberi nama Autonetmagz. Untuk itu Ridwan mengajak salah seorang rekannya yang dikenalnya di Facebook. Selain menampilkan artikel otomotif, Ridwan juga mengisi situsnya dengan tayangan video review mobil dan motor.

Review Mobil Autonetmagz
Foto: deskgram

Mobil pertama yang di-review adalah Mitsubishi Pajero Sport. Disusul kemudian dengan review sepeda motor Honda Zoomer X. Selain itu, Ridwan juga mereview mobil-mobil rental milik keluarganya. Kendala keterbatasan perangkat rekam sempat dialami Ridwan, sebelum akhirnya vendor-vendor mobil mempercayakan mobil-mobilnya untuk di-review.

“Awalnya kami menggunakan perangkat dokumentasi apa adanya sehingga perlu upaya lebih untuk menumbuhkan kepercayaan pada pihak-pihak yang ingin kami rangkul untuk bekerja sama,” ujar Ridwan.

Baca Juga: LazMall: Kolaborasi Apik Lazada dengan Brand-Brand Populer Indonesia

Seiring semakin dikenalnya Autonetmagz.com oleh komunitas otomotif, Ridwan semakin dipercaya oleh para vendor dan ATPM. Saat ini Ridwan dan Autonetmagz-nya lebih mudah mendapatkan mobil untuk di-review. Tidak hanya sampai disitu, Ridwan bahkan membeli mobil dari merk yang berbeda hanya untuk di-review.

“Review kami dibuat dengan lebih komprehensif, dan juga mengenalkan teknologi dari kendaraan itu sendiri. Selama ini masih banyak orang yang takut dengan teknologi pada kendaraan karena alasan sulit diperbaiki bila terjadi kerusakan dan banyak lagi. Akhirnya, ketika membeli kendaraan, yang cenderung dipikirkan adalah nilai jual kembali,” ujar Ridwan.

Foto: picluck

Autonetmagz sendiri saat ini dikunjungi oleh 40 hingga 60 ribu orang perhari. Sedangkan tayangan videonya selalu ditonton oleh setidaknya 100 ribu orang.

“Rata-rata pembaca kami adalah orang-orang yang menyukai ranah otomotif dan sisanya mereka yang ingin membeli kendaraan baru,” ucap Ridwan.

Popularitas Autonetmagz tak urung hal mengundang perhatian dari penggemar otomotif luar negeri. Banyak media dan penggemar otomotif dari luar negeri yang mengajak Ridwan dan rekan-rekannya bekerjasama. Terutama dari sisi sharing informasi.

Di sisi lain, Ridwan berupaya menyajikan obyektivitas informasi yang disajikannya di Autonetmagz dengan cara tidak menerima iklan para ATPM. Hanya iklan-iklan dari produk aksesoris dan suku cadang saja yang boleh tayang di Autonetmagz. Selain itu penghasilan situs juga diperoleh dari iklan AdSense.

Mendatang, Ridwan berencana akan lebih sering menyajikan tayangan live di Autonetmagz dan channel YouTube miliknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here