Perlu Diketahui: Pentingnya Storytelling dalam Pemasaran Produk Digital

Konsep pemasaran di zaman sekarang sudah beralih mulai dari konvensional ke digital. Promosi tidak harus melalui spanduk besar atau iklan di televisi saja. Pemasaran produk digital sekarang terus menjadi tren dan gencar dilakukan banyak brand.

Salah satu cara pemasaran produk digital yang sekarang sedang hits adalah melalui storytelling. Seberapa besar sih pengaruh storytelling pada kesuksesan pemasaran produk? Simak ulasannya berikut ini ya!

Storytelling Menjadi Strategi Baru untuk Pemasaran Produk Digital

sumber: stevenstate.com

Apa kunci menarik perhatian konsumen agar mau membeli produk dari sebuah brand? Salah satunya adalah cerita mengenai pengalaman konsumen lain yang pernah memakainya. Itu sebabnya sebuah cerita menjadi strategi penting dalam pemasaran masa kini.

Tidak semua konsumen begitu memerhatikan daftar keunggulan suatu produk. Penyampaian produk yang menarik wajib dilakukan sebuah brand. Cara paling efektif tentu saja dengan storytelling.

Lewat Cerita, Konsumen Dapat Melihat Keunikan Suatu Produk

Sumber: blog.whoosreading.org

Apa yang dapat membuat sebuah brand terlihat unik, berbeda, dan mampu diingat konsumen? Jawabannya, pemasaran produk digital lewat sebuah cerita. Ingat, cerita akan lebih mudah melekat di ingat seseorang daripada sekadar definisi atau keunggulan produk.

Sebuah cerita yang menarik dapat membedakan suatu produk dengan produk lainnya. Konsumen akan cenderung memilih produk yang mampu menyentuh hatinya daripada produk yang hanya sekadar memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga: Mengapa Teknik Soft Selling Lebih Efektif bagi Pemasaran Modern?

Poin Penting dalam Pemasaran Produk Digital adalah Dorongan untuk Membeli

Sumber: bloggingpro.com

Salah satu tujuan pemasaran suatu produk tentu saja menarik konsumen untuk memutuskan membeli produk. Ketika sebuah brand membawa konsumen ikut serta dalam masalah yang disampaikan lewat cerita, secara tidak langsung konsumen tersebut mulai memahami perlunya membeli produk tersebut.

Melalui storytelling yang menarik, dorongan konsumen untuk membeli jauh lebih besar daripada hanya sekadar hard selling. Sebuah cerita dapat pelan-pelan membuka pemikiran konsumen sehingga muncul dorongan untuk membeli atau tidak.

Cara Bercerita Menjadi Kunci Keputusan Konsumen

Sumber: mnilay.com

Namun, tentu tidak semua brand yang melakukan storytelling sukses dalam pemasaran produk digital. Bagaimana pun juga skill yang cukup baik untuk membuat sebuah cerita yang menarik tetap dibutuhkan.

Keputusan akhir ada di tangan konsumen. Mau tidak mau, cara bercerita tentu menjadi penentu. Alur cerita yang membosankan akan membuat konsumen berpaling, tetapi sebuah storytelling yang mengguggah pasti sanggup membuat konsumen rela mengeluarkan uang untuk membeli produk.

Nah, sudahkah Anda menerapkan storytelling dalam pemasaran produk digital Anda? Jika belum, ada baiknya Anda memelajarinya mulai dari sekarang. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here