Susah Mendapat Pekerjaan? Ini yang Harus Dilakukan Fresh Graduate!

Kegundahan yang paling sering dialami seorang fresh graduate adalah susah mendapatkan pekerjaan. Lulusan sarjana semakin tahun semakin melimpah, maka persaingan untuk memperoleh pekerjaan pun semakin sulit. Apakah Anda juga seorang fresh graduate yang sedang merasakan hal ini? Sebelum Anda menjadi frustasi karena terlalu lama menganggur, lakukan hal-hal di bawah ini agar Anda tetap senantiasa positif.

Meski Susah Mendapat Pekerjaan, Anda Harus Tetap Besosialisasi Tanpa Rasa Minder

Anda tentu sudah lelah dengan pertanyaan basa-basi “sekarang kerja di mana” setiap bertemu saudara jauh atau teman-teman lama. Meski terkesan sangat menjengkelkan, berusahalah untuk tidak menarik diri lingkungan sosial Anda. Anda tidak perlu terlalu minder hanya karena masih menganggur setelah lulus kuliah.

Lingkungan sosial kadang dapat membantu seseorang menemukan pekerjaan. Siapa tahu Anda justru memperoleh pekerjaan dari teman-teman atau saudara Anda. Anda mungkin tidak bisa mengubah cara pandang orang-orang terhadap status Anda, tetapi Anda punya kontrol diri untuk mengubah pola pikir Anda menjadi lebih positif.

Baca Juga: Cara Praktis Mendapatkan Fresh Graduate Berkualitas

Ikuti Kegiatan Kepanitiaan untuk Mengasah Team Work

Bagi seorang fresh graduate, tentu agak sulit menuliskan pengalaman kerja dalam CV-nya. Sebagai gantinya, Anda bisa kok menyertakan pengalaman kepanitiaan Anda. Orang yang merekrut Anda tentu akan sangat tertarik jika Anda memiliki pengalaman kepanitiaan, baik semasa kuliah maupun selepas kuliah.

Oleh sebab itu, aktiflah untuk mengikuti kegiatan positif di saat Anda susah mendapat pekerjaan. Anda akan benar-benar butuh soft skill dari kepanitiaan tersebut untuk menjadi bekal team work di kantor kelak. Jadi, jangan anggap remeh acara-acara kampus atau komunitas ya!

Menentukan Arah Karier Dapat Membantu Anda saat Susah Mendapat Pekerjaan

Kalau Anda sudah di titik yang benar-benar lelah dalam mencari kerja, mungkin sudah saatnya Anda rehat sejenak. Ambil waktu rehat untuk mengevaluasi apa saja yang sudah Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Buatlah sebuah evaluasi bagi diri sendiri untuk membantu menentukan arah karier Anda.

Kalau pada awal setelah lulus Anda hanya asal melamar ke berbagai perusahaan, maka Anda bisa belajar dari kegagalan-kegagalan untuk mengenal karkater diri. Misalnya, pekerjaan apa yang benar-benar Anda inginkan, apa yang ingin Anda raih dari pekerjaan Anda, lingkungan seperti apa yang bisa mendukung perkembangan Anda, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda pun bisa membuat peta menuju tujuan karier yang Anda impikan.

Pantang Menyerah karena Pekerjaan Tak Akan Datang Kalau Anda Diam

Terakhir, Anda tentu saja tidak boleh berdiam diri dan larut dalam kesedihan lantaran susah mendapat pekerjaan. Setelah mengambil waktu untuk rehat, Anda perlu segera bangkit kembali. Dengan arah karier yang sudah lebih jelas, jalan Anda untuk memperoleh pekerjaan pun akan lebih mudah.

Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk mendapatkan pekerjaan. Jangan malas untuk membuat CV dan portofolio yang menarik. Ingat pula untuk terus membangun relasi dengan orang-orang karena siapa tahu “jodoh” pekerjaan Anda sesungguhnya datang dengan tak terduga. Intinya, terus berjuang dan pantang menyerah.

Kalau Anda sedang galau karena susah mendapat pekerjaan, ingatlah untuk melakukan hal-hal di atas tadi. Fresh graduate tetap punya kesempatan yang sama untuk menapaki karier bagus kok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here