Meraih Perhatian dan Loyalitas Pelanggan Lewat Brand Voice yang Tepat

Setiap brand bisnis memiliki strategi tersendiri untuk mendapatkan perhatian dan loyalitas pelanggan. Salah satu strategi paling penting yang harus diimplementasikan secara efektif adalah brand voice.

Disadari atau tidak, semua bisnis pasti memiliki brand voice sesuai dengan citra yang ingin dibentuk. Yuk, kenalan lebih jauh dengan istilah yang sangat berpengaruh terhadap eksistensi dan popularitas bisnis kamu.

Apa yang Dimaksud dengan Brand Voice?

Secara harfiah, brand voice bisa diartikan sebagai ciri khas suatu brand bisnis dalam melakukan interaksi dengan para pelanggan. Ada beragam hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun citra positif, antara lain:

  • Pemilihan kata-kata.
  • Perilaku dan cara mengatasi masalah yang sedang terjadi.
  • Ekspresi yang digunakan untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Konsistensi sikap yang ditunjukkan kepada pelanggan.

Baca Juga: Workflow Management: Solusi Pengoptimalan Proses Bisnis di Perusahaan

Mengenal Empat Elemen Penting dalam Brand Voice

Empat elemen penting yang harus diperhatikan dalam membentuk brand voice, yaitu,

Karakter

Hal pertama yang patut kamu perhatikan adalah karakter. Kamu harus membentuk karakter yang sesuai dengan citra bisnis, misalnya karakter brand yang profesional, humoris, inspiratif, atau citra lainnya.

Tone

Tone dapat diartikan sebagai sarana yang digunakan bisnis untuk memperlihatkan karakternya. Ada tone yang terkesan persuasif, santai, jujur, dan lainnya. Penggunaan tone yang tepat akan menarik perhatian pelanggan untuk menyimak konten dan berinteraksi dengan brand kamu.

Bahasa

Pemilihan bahasa juga akan mempengaruhi kualitas interaksi antara brand bisnis dan pelanggan. Ada brand bisnis yang cenderung menggunakan gaya bahasa santai, ada pula yang lebih menyukai gaya bahasa bijak atau formal.

Tujuan

Bahasa, tone, dan karakter yang dipilih harus mampu mendukung brand bisnis untuk mencapai tujuannya. Ada brand yang bertujuan meningkatkan omzet penjualan, ada pula yang ingin menginspirasi atau menjalin hubungan yang solid dengan para pelanggan.

Tips Meningkatkan Popularitas Bisnis Melalui Brand Voice

Beberapa tips berikut ini sangat penting bagi seluruh brand bisnis untuk meningkatkan popularitasnya melalui brand voice:

  • Konsisten menggunakan tone dan bahasa yang sama setiap saat. Panggilan unik untuk para pelanggan juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan popularitas.
  • Menyajikan konten yang menarik dan up to date di media sosial tanpa harus selalu mengutamakan bisnis.
  • Memberikan nilai tambah yang bermanfaat bagi pelanggan, misalnya mengadakan pelatihan offline, giveaway, atau gathering secara rutin.

Seiring dengan perkembangan zaman, penerapan brand voice juga harus dikembangkan dan berorientasi untuk kepentingan pelanggan. Sehingga memenangkan hati pelanggan tak menjadi hal yang sulit meskipun persaingan pasar semakin ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here