Strategi Kaskus Mempertahankan Eksistensi Forum Online

Kaskus
Sumber : Mits Loan

Banyak orang menganggap bahwa startup berbasis User Generated Content (UGC) sulit bertahan lama. Faktanya, Kaskus berhasil mempertahankan eksistensi bertahun-tahun sebagai forum online yang mengusung sistem UGC. Popularitasnya bahkan tak kalah dibandingkan startup-startup serupa lainnya yang baru bermunculan.

Kendati demikian, hingga saat ini Kaskus masih berupaya melakukan inovasi demi mempertahankan eksistensi. Yuk intip dulu beragam strateginya!

Kehadiran Platform Menulis bagi Para Pengguna

Sumber : All Events

Konten-konten berkualitas yang dibuat oleh para pengguna forum tentu patut mendapatkan apresiasi. Sehingga para pengguna forum semakin bersemangat menghasilkan konten yang lebih baik lagi. Oleh sebab itu, Kaskus menghadirkan platform menulis Kaskus Creator sejak Agustus 2017. Program tersebut memungkinkan para pengguna forum untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan membuat konten-konten istimewa. Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan orisinalitas konten, tema yang menarik, jumlah view, dan faktor-faktor lainnya.

Baca Juga: Transformasi Berrybenka Mendukung Produk Asli Negeri Sendiri

Konten Video Menarik untuk Para Pengguna

Sumber : IDN Times

Kaskus juga menyadari bahwa para pengguna internet modern sangat tertarik dengan konten audio visual. Hal tersebut mendasari inovasi yang baru diluncurkan tanggal 27 September 2018, yaitu Kaskus TV. Layanan tersebut berformat video pendek dengan beragam tema seperti gaya hidup, hobi, dan minat. Kehadiran layanan ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah diskusi dan interaksi di kalangan pengguna forum. Hingga Oktober 2018, tercatat bahwa layanan TV streaming tersebut sudah memiliki 45 program dengan waktu tayang lebih dari 200 jam.

Untuk urusan pembuatan konten, Kaskus memang masih bekerja sama dengan produsen lainnya. Namun, startup yang satu ini juga menyiapkan fasilitas studio mini dan auditorium. Sehingga para pengguna forum yang tertarik membuat konten bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan konten-konten berkualitas.

Sekarang, Kaskus juga aktif berinvestasi untuk berbagai perusahaan periklanan. Salah satunya adalah investasi untuk PT Promedia Punggawa Satu (ProPS). Produk yang futuristik dan dukungan manajemen berpengalaman membuat startup tersebut yakin berinvestasi untuk ProPS. Kehadiran ProPS juga membawa banyak perkembangan positif. Karena ProPS pasti mampu memperkuat bidang teknologi digital startup tersebut dan mendukung produksi konten-konten berkualitas. Ingin belajar mengembangkan bisnis dan berinvestasi?

Kaskus bisa menjadi benchmark yang tepat bagi Anda.

Beri komentar Anda tentang artikel ini