Menetapkan Tujuan Karier Bisa Dilakukan dengan Menyorot 6 Poin Berikut

Menetapkan tujuan karier yang real akan membuat kamu lebih fokus untuk mencapainya. Masalahnya, ada banyak pekerja yang tidak memiliki tujuan yang spesifik. Kondisi ini akan mempersulit kenaikan jenjang karier karena tidak ada arahan yang jelas.

Lalu, bagaimana cara menetapkan tujuan karier yang jelas agar kamu bisa sukses?

Menetapkan Tujuan Karier dengan Membuat Penilaian Mandiri

Apakah kamu senang dengan pekerjaan ini? Tahukah kamu salah satu risiko yang lebih besar dari karier adalah rasa puas atas pekerjaan. Ketika kamu sudah merasa puas dengan hasil kerja, kamu seolah tidak mendapat tantangan baru lagi.

Agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu menetapkan tujuan karier dengan membuat penilaian untuk diri sendiri. Buat analisa posisi kamu sekarang, apa tujuan jangka pendek dan apa tujuan jangka panjang? Lalu, tetapkan langkah apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan tujuan karier itu.

Perluas Networking

Bila tujuan kamu adalah untuk mendapatkan pekerjaan baru tahun depan, kamu perlu melakukan networking secara aktif karena itu menjadi salah satu cara untuk menemukan pekerjaan di dunia nyata.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini sudah menjadi sangat umum menemukan pekerjaan baru melalui jaringan, bukan dengan mengirim resume secara acak.

Baca Juga: Ingin Sukses dalam Berkarir? Ini 4 Kiat Penting yang Dapat Anda Ikuti!

Lacak Prestasi Prestisius

Tidak masalah jika kamu meminta kenaikan gaji, mendapatkan review kinerja, atau memperbarui resume karena pada poin ini kamu juga perlu untuk membuat daftar pencapaian atau prestasi yang diraih.

Untuk bisa menetapkan tujuan karir yang strategis, buatlah titik untuk memulainya sekarang, yaitu sebuah dokumen sederhana agar kamu dapat melacak prestasi secara keseluruhan saat itu terjadi. Selain itu, pastikan untuk menyimpan materi apapun yang mungkin digunakan dalam portfolio atau situs web.

Ketahui Berapa Nilai Kamu

Kamu harus benar-benar tahu berapa nilai kamu untuk mengetahui bahwa kamu dibayar dengan pantas di kantor. Dengan cara ini, kamu tidak akan mengeluh ketika mengetahui gaji rekan kerja lebih tinggi padahal tugas kalian sama, atau lebih mudah.

Bila ini terjadi, maka itu adalah murni kesalahanmu. Bila kamu ingin menetapkan tujuan karier lebih elegan, pintar-pintarlah untuk melakukan negosiasi gaji ketika melakukan interview kerja.

Selalu Memperbaharui Skill

Selalu update skill yang kamu miliki agar bisa bersaing dengan rekan kerja di kantor. Misalnya, skill public speaking, mahir menulis, skill sales atau marketing, atau lainnya. Dengan memiliki skill baru, kamu bisa meningkatkan jenjang karier jika kantor melakukan promosi.

Dengan terus belajar, apapun kemampuan baru yang kamu pilih, setidaknya itu bisa mendukung kinerja di kantor.

Menetapkan Tujuan Karier dengan Mengasah Kemampuan Bernegosiasi

Apakah kamu digaji dengan pantas? Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya. Jika kamu ingin menetapkan tujuan karier yang lebih jelas, duduklah dengan supervisor untuk memetakan tujuan, review kinerja, dan tentukan kapan kamu siap untuk mendapatkan kenaikan gaji atau promosi.

Jika kamu mencari pekerjaan baru, itu berarti kamu harus memiliki pola pikir yang strategis, belajar skill negosiasi, melakukan penawaran-balik, dan memperlakukan negosiasi gaji seperti transaksi bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here