Strategi Mengelola Tim Virtual yang Efektif dan Produktif

mengelola tim virtual
Sumber : paramountplus

Selama beberapa tahun terakhir ini, tim virtual sudah menjadi norma yang semakin umum. Lebih banyak bisnis dan startup kini mencari karyawan jarak jauh untuk membangun tempat kerja yang produktif. Strategi ini bukan hanya mampu memangkas biaya, tetapi juga mendongkrak produktivitas dengan menawarkan para pekerja jadwal yang lebih fleksibel, sehingga bisa meningkatkan kepuasan kerja dan mendorong hasil yang lebih baik. Namun, untuk bisa memaksimalkan kesuksesan, Anda perlu cerdas dalam mengelola tim virtual. Ini bukan sebuah keahlian yang bisa Anda gampangkan begitu saja. Berikut adalah strategi untuk mengelola tim virtual yang paling tepat.

Ikuti Tips Berikut dalam Mengelola Tim Virtual

 Ciptakan Struktur dan Rencana

Sumber : Dreams Time

Langkah pertama untuk bisa secara efektif mengelola tim virtual adalah dengan menentukan sistem kerja yang bisa diikuti oleh setiap orang, dikenal juga sebagai standard operating procedure (SOP). Dengan mengatur standar dan merencanakan proses kerja, para anggota tim akan memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai seberapa lama mereka seharusnya mengerjakan sebuah tugas dan mereka juga akan jadi lebih jarang bertanya-tanya.

Baca Juga: Merintis Bisnis Profesional Bermodalkan Virtual Office

Untuk menstandarkan prosedur dan menggarisbesari aturan untuk semua karyawan, baik remote atau in-house, Anda bisa menciptakan sebuah buku panduan yang bisa diunduh. Anda bisa membuat ini sekomprehensif atau sesederhana yang Anda inginkan, yang penting setiap karyawan mengikuti prosedur yang penting untuk melengkapi proyek tersebut seefisien dan seakurat mungkin.

 Gunakan Beberapa Saluran Komunikasi Sekaligus

mencari pegawai remote
Sumber : workstride

Saat beralih dari model tempat kerja tradisional, sangat esensial untuk meninjau bagian kunci dari tim yang kuat: komunikasi efektif. Untuk bisa memaksimalkan peran tim Anda, Anda butuh menggunakan alat komunikasi yang paling baik yang ada di pasaran.

Alat paling esensial yang Anda butuhkan untuk mengelola tim jarak jauh adalah sistem chat aman yang membuat Anda bisa mengirimkan perpesanan dan membuat panggilan dengan cara instan. Selain itu,, Anda juga butuh alat video sharing. Ini penting dilakukan untuk bisa mengetahui proses kerja anggota tim Anda ketika bekerja jarak jauh.

Gunakan Program Manajemen Proyek

Sumber : Smart Virtual Assistant

Selain alat komunikasi jarak jauh yang selaras, saat mengelola tim virtual, Anda juga butuh sistem piranti manajemen proyek agar semuanya jadi lebih terkoordinasi. Saat ada banyak kolaborasi dilibatkan, program seperti ini sangat esensial. Anda jadi bisa dengan mudah menge-track proses, memasukkan data, dan berkomunikasi dengan tim Anda, selain meningkatkan kolaborasi antar anggota tim. Di luar sana, beredar ratusan program manajemen proyek yang tersedia yang bisa membantu Anda untuk menjalankan proyek bersama dengan hasil akhir yang lebih selaras.

Ciptakan Budaya Kerja Remote yang Kuat

Sumber : allbusiness

Saat mengelola tim virtual, Anda juga tidak boleh melupakan satu aspek yang sangat penting dalam membangun tim kerja yang harmonis, baik in house maupun remote: budaya kerja yang mendukung. Menciptakan budaya kerja memang nampak susah ketika seluruh karyawan Anda tidak bekerja di bawah satu atap dan tidak memiliki kontak yang rutin setiap hari. Namun, ini bukannya mustahil. Berkat internet, Anda bisa saling melihat rekan kerja dan berinteraksi seperti layaknya berada dalam satu ruang fisik.

Jadwalkanlah event jika memungkinkan sehingga para anggota tim virtual Anda bisa bertemu dan membangun ikatan yang lebih kuat saat bekerja bersama. Dengan melakukan ini, karyawan jarak jauh Anda akan memiliki pengalaman sama yang akan membantu mereka membangun rasa percaya dan pemahaman tentang satu sama lain.

Beri komentar Anda tentang artikel ini