Marketer, Lakukan Ini untuk Mengembangkan Skill Negosiasi Kamu

Buat kamu yang menempati posisi marketing atau sales, skill atau kemampuan bernegosiasi tentunya sangat diperlukan. Kalau kamu ingin mengembangkan skill negosiasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Skill negosiasi diperlukan agar kamu bisa menjual produk atau jasa milik perusahaan dan mencapai target. Namun, lebih dari itu, hasil negosiasi diharapkan bisa memuaskan kedua belah pihak.

Berikut ini beberapa hal lain yang harus diperhatikan kalau ingin kamu ingin mengembangkan skill negosiasi.

Seberapa Banyak Perusahaan Bisa Memberi?

Sebelum bernegosiasi, tetapkan terlebih dahulu seberapa banyak atau seberapa besar kamu atau perusahaan bersedia berkorban agar konsumen mendapatkan yang diinginkannya. Dengan begini, kamu tidak mengorbankan kepentingan perusahaan saat negosiasi berlangsung.

Persiapkan Diri dengan Informasi

Cari tahu apa ketertarikan konsumen sebelum bernegosiasi. Semisal, apa motivasinya membeli produk, seberapa tertariknya konsumen pada produk, dan apa yang rela dikorbankan untuk bisa mendapatkan produk tersebut.

Value Lebih Penting daripada Harga

Kamu pasti harus menyebutkan harga saat negosiasi berlangsung. Namun, jangan lupa bahwa konsumen tidak hanya membeli produk. Konsumen juga berharap mendapatkan value dari produk tersebut. Karenanya, informasikan pula value apa yang bisa didapatkan pembelian produk.

Baca Juga: Agar Produk Makin Dicari, Bekali Customer Service dengan Skill Ini

Mempersiapkan Diri dengan Diskon

Konsumen pasti akan meminta penawaran atau diskon, dan kamu bisa saja memberikan kedua hal tersebut. Tapi, cobalah untuk mendapatkan keuntungan lain dengan menawarkan pembelian yang lebih banyak atau menawarkan produk lain.

Mempersiapkan Alternatif Produk

Selain mempersiapkan diri untuk permintaan diskon, terkadang kamu juga perlu menawarkan solusi lain bagi konsumen jika kesepakatan tidak terjadi. Karenanya, persiapkan diri dengan beberapa alternatif produk lain jika hal ini terjadi.

Bersabar Saat Bernegosiasi

Proses negosiasi bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, kamu perlu bersabar sambil terus menjalin hubungan dengan konsumen. Selain itu, sampaikan pula update informasi sesegera mungkin saat proses negosiasi masih berlangsung.

Tahu Kapan Harus Mengakhiri Negosiasi

Tidak semua negosiasi berakhir seperti yang diinginkan. Kalau kesepakatan tidak tercapai, kamu harus menyudahinya. Ingat, hasil negosiasi yang baik adalah yang memuaskan kedua belah pihak. Namun, cobalah untuk mengakhiri negosiasi dengan cara yang sopan dan bijak.

Dengan mengembangkan skill negosiasi, peluang untuk mendapatkan kesepakatan menjadi lebih besar. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kontribusi bagi perusahaan, serta membuka kesempatan karir lebih lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here