Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

Sumber: unitedconcordia.com

Karyawan adalah sumber inovasi. Perusahaan pun berkewajiban me-retensi atau mempertahankan karyawan yang dianggap bisa memajukan perusahaan. Untuk itu, penting artinya bagi departemen Human Resource (HR) untuk meningkatkan retensi karyawannya.

Mengapa retensi penting?

Lewat inovasi dan produktifitas dari karyawan, perusahaan bisa menghasilkan produk atau jasa terbaik. Di sisi lain, turn-over akan membebani anggaran perusahaan. Pasalnya, perusahaan harus kembali mengeluarkan biaya perekrutan dan training.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan retensi karyawan:

Feedback dari Karyawan Lewat Survei

Feedback dari karyawan adalah modal bagi perusahaan untuk memecahkan masalah, melakukan terobosan, serta menciptakan budaya perusahaan. Oleh karena itu, feedback sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin me-retensi karyawannya.

Salah satu feedback yang bisa dilakukan adalah melakukan survei employee engagement. Lewat survei ini perusahaan bisa mengetahui keinginan, kebutuhan dan keluhan karyawannya.

Membantu Karyawan dalam Pekerjaannya

Salah satu alasan kuat seorang karyawan mempertahankan pekerjaannya karena ia mengetahui atasannya ikut memecahkan masalah yang ia hadapi dalam bekerja. Karyawan juga senang jika atasannya ikut meringankan beban pekerjaannya. Selain itu, atasan juga selayaknya menghargai hasil kerja karyawannya.

Baca Juga: Begini Caranya Membuat Karyawan Betah Lembur di Kantor

Lakukan Stay Interview untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

Interview selayaknya tidak hanya dilakukan saat ingin merekrut karyawan. Perusahan juga selayaknya mengadakan stay interview secara berkala. Stay interview ini dilakukan oleh atasan dan bawahan secara empat mata. Tujuannya untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh karyawan dan apa yang membuat karyawan ingin terus bekerja di perusahaan.

Review Gaji Karyawan

Gaji yang kurang bisa menjadi alasan mengapa karyawan pindah ke perusahaan lain. Untuk itu, lakukan review gaji dengan melakukan perbandingan gaji karyawan di perusahaan sejenis lainnya.

Dengan demikan, perusahaan mengetahui seberapa besar gaji yang layak untuk diberikan kepada karyawan. Selain itu, jangan bedakan besaran gaji antara karyawan pria dan wanita.

Selain gaji, rencanakan pula untuk memberikan benefit yang berbeda. Misalnya, tambahan jam istirahat atau menaikkan benefit kesehatan.

Perhatian Khusus untuk Ibu Hamil dan Memiliki Bayi

Untuk karyawan yang sedang hamil atau memiliki bayi , tidak ada salahnya memikirkan kemudahan mereka dalam bekerja. Perusahaan bisa membuat penitipan bayi dan anak di kantor. Atau, perusahaan juga bisa menaikkan benefit kesehatannya saat karyawan sedang hamil atau pasca melahirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here