Strategi Menjaga Motivasi Bekerja Ketika Perusahaan Tengah Mengalami Krisis

7
menjaga motivasi bekerja
Sumber : wisegeek

Motivasi tidak memiliki sakelar yang bisa Anda nyalakan dan matikan. Di kantor, kemungkinan Anda mudah merasa termotivasi ketika pekerjaan dan perusahaan Anda sedang bagus-bagusnya, sehingga upaya Anda membuahkan penghargaan. Namun, ketika perusahaan sedang dalam masalah, menjaga motivasi bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin diminta untuk melakukan tugas yang sebenarnya bukan tanggung jawab Anda dan bekerja lebih lama dari biasanya, namun tanpa kompensasi yang seharusnya Anda terima ketika perusahaan sedang tidak mengalami krisis. Anda bisa-bisa juga ikutan stres. Selain karena takut posisi Anda terancam, juga karena tidak merasa cukup dihargai di tempat kerja.

Namun, ada langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk menjaga motivasi Anda. Dengan pola pikir yang benar, Anda malah akan bisa mengubah kekhawatiran tersebut menjadi kesempatan untuk berkembang dalam karir.

Begini Caranya agar Anda Bisa Menjaga Motivasi saat Perusahaan Krisis

Carilah Lebih Banyak Jalan untuk Berkontribusi

6 Skill Berikut Dapat Membantu Meningkatkan Kualitas Kepribadian Anda
Sumber: Pazoo

Ketika Anda takut mengenai keamanan pekerjaan Anda karena perusahaan Anda sedang mengalami krisis, mengerjakan tanggung jawab ekstra pasti terasa menyebalkan bagi Anda. Namun, justru ketika Anda menawarkan bantuan ketika mengendus bahwa perusahaan sedang mengalami masalah, Anda bisa menjaga motivasi untuk tetap tinggi. Jika Anda belum diberi kabar formal tetapi sudah yakin, coba ajak manajer Anda bicara dan beritahukan bahwa Anda mengindera sinyal-sinyal bahwa perusahaan sedang mengalami masalah dan Anda akan senang bisa membantu dengan cara apa pun. Dengan ini, Anda berfokus pada solusi dan bukannya malah berlarut-larut dalam masalah. Dan ketika Anda merasa bahwa Anda sudah melakukan perkembangan atau hal konstruktif, motivasi Anda akan meningkat.

Baca Juga : Ingin Menjadi Penulis Lepas yang Berhasil? Terapkan 4 Tips Ini

Temukan Aktivitas di Luar Pekerjaan yang Bisa Memberikan Makna

Karir yang Menjanjikan
Sumber : linkedin

Jika Anda tidak bisa menjaga motivasi Anda dari dalam, sedangkan situasi di tempat kerja Anda semakin mengikis motivasi Anda, maka temukanlah semangat dan inspirasi dari tempat lain. Jika krisis tersebut memaksa Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak terlalu Anda sukai, misalnya mengerjakan banyak sekali laporan atau hal-hal administratif untuk menggantikan tugas salah satu karyawan yang belum lama terkena PHK dan belum digantikan yang baru, maka temukan aktivitas di luar kehidupan kantor yang bisa memberikan Anda makna intrinsik. Misalnya, dengan melakukan hobi Anda atau berpartisipasi pada kegiatan kerelawanan. Atau, mulai temui kembali teman-teman lama Anda dan lakukan kegiatan menyenangkan secara rutin bersama mereka. Dengan cara ini, Anda bisa datang ke tempat kerja tanpa merasa kehilangan makna dan tujuan. Anda pun akan mampu menjaga motivasi karena sudah mengalami refreshing di luar.

Berfokuslah pada Satu Kesuksesan Kecil Setiap Harinya

menjadi pengusaha muda

Ketika Anda merasa bahwa situasi perusahaan menghadirkan Anda penghalang untuk karir jangka panjang Anda, Anda mungkin jadi terbawa sehingga berfokus pada hal-hal yang gagal Anda capai. Namun, kemungkinan besarnya, Anda sebenarnya masih mengalami kesuksesan-kesuksesan kecil setiap harinya, tetapi tidak Anda pandang sebagai “kemenangan” karena Anda terlalu berfokus pada hal yang lebih besar yaitu masalah krisis perusahaan. Misalnya, berhasil menyelesaikan sebuah proyek adalah sebuah kemenangan, begitu pula dengan melakukan panggilan telepon yang berat ketika Anda merasa benar-benar sedang tidak ingin melakukannya.

Kemenangan kecil sebenarnya bermakna besar, terutama dalam menjaga motivasi kita. Kemenangan-kemenangan kecil memberi sinyal pada otak kita bahwa perkembangan sedang terjadi, dan tinggal menunggu hasil besarnya.

Jadi, apresiasilah segala kemenangan yang berhasil Anda buat setiap harinya, seberapa pun kecilnya. Jangan berfokus pada masalah besar yang ada di luar kendali Anda.