4 Strategi Mencintai Diri Sendiri untuk Menurunkan Tingkat Stres

Stres bukanlah kondisi yang mudah untuk dihindari, ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Meskipun begitu, ada banyak cara juga yang bisa dilakukan sebagai upaya menurunkan tingkat stres, misalnya dengan mempelajari strategi mencintai diri sendiri. Mengapa hal itu bisa menjadi salah satu obat pereda stres?

Salah satu faktor utama yang memperparah kondisi stres adalah ketika kamu mengabaikan diri sendiri. Dengan sengaja kamu seolah membebani pikiran dengan skenario atau risiko terburuk dari hal yang tengah menjadi penyebab rasa stres tersebut. Kamu bisa pelajari beberapa strategi berikut ini yang mampu menurunkan tingkat stres secara alami:

Menikmati Makanan Penghilang Stres

Makanan memengaruhi kimia otak dan termasuk suasana hati. Maka dari itu memilih makanan yang tepat menjadi salah satu strategi yang diperlukan untuk menurunkan tingkat stres secara alami. Saat stres, suasana hati menjadi buruk, mudah tersinggung, sensitif karena hal sepele termasuk lapar tidak karuan.

Menikmati makanan tertentu yang mampu mengatur kadar gula darah mampu menjaga tingkat energi dan memperbaiki suasana hati. Kamu bisa memilih coklat, buah berry atau almonds sebagai camilan yang bisa membuat kamu merasa lebih baik.

Baca Juga: Tips Lebih Fleksibel dalam Bekerja biar Nggak Rentan Stres

Mencari Suasana Baru

Jika kamu benar-benar stres, jangan memaksakan diri untuk tetap mengerjakan sesuatu yang terkait dengan penyebab stres tersebut. Misalnya saat di kantor, tinggalkan pekerjaanmu dan pergi keluar untuk sekedar menghirup  udara segar dan mengganti suasana.

Luangkan waktu 10 menit untuk berjalan-jalan di sekitar kantor untuk menenangkan pikiran sejenak. Cara ini bukan saja ampuh meredakan stres, tapi ini bukti jika kamu juga mencintai diri sendiri dan tidak membiarkan dirimu tersiksa karena stres yang berlebih.

Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi telah digunakan selama berabad-abad untuk mendukung tubuh baik secara mental maupun fisik. Ini karena indera penciuman melewati otak kognitif yang memroses kekhawatiran. Lavender juga terkenal karena kualitasnya yang menenangkan dan anti-inflamasi emosional.

Pijat sedikit ke bagian pelipis atau bakar sebagian dalam difuser minyak untuk langsung melepas lelah. Carilah varietas murni yang berasal dari tanaman, bukan wewangian buatan yang sering diproduksi secara kimia.

Manjakan Diri di Rumah

Berhenti membuka laptop untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda, atau memeriksa email, dan membalas pertanyaan tentang target penjualan yang merosot. Biarkan diri kamu beristirahat saat di rumah, dan inilah waktu yang tepat untuk memanjakan diri.

Ada banyak kegiatan untuk memanjakan diri di rumah. Misalnya, mendengarkan musik atau menonton drama favorit. Cara lainnya, kamu bisa duduk di kursi pijat untuk beberapa saat dan sambil membersihkan pikiran.

Cara ini perlu dilakukan karena strategi mencintai diri sendiri sangat berpengaruh terhadap tingkat stres yang sedang kamu rasakan saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here