Bagaimana Cara Meraih Pangsa Pasar Produk Syariah Secara Maksimal?

Survei The Global God Divide yang dilakukan Pew Research Center tahun 2020 menyatakan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara paling religius di dunia. Hal tersebut bukan hanya berpengaruh pada sektor keagamaan, tetapi juga terhadap berbagai bidang bisnis. Pangsa pasar produk syariah di tanah air semakin luar sejak beberapa tahun terakhir.

Tak mengherankan jika mayoritas bisnis besar berusaha memanfaatkan hal tersebut untuk mendulang keuntungan. Beberapa cara berikut ini bisa membantu bisnis meraih pangsa pasar produk syariah secara maksimal:

Memperoleh Sertifikasi Halal

Sertifikasi halal adalah salah satu hal yang harus diperoleh untuk meraih pangsa pasar produk syariah. Mayoritas masyarakat beragama muslim di Indonesia kini semakin peduli terhadap kehalalan suatu produk.

Bukan hanya makanan, produk lainnya seperti pakaian, produk kebersihan diri, dan peralatan rumah tangga yang memiliki sertifikasi halal juga lebih diminati masyarakat.

Baca Juga: Teknik Sales Funnel, Strategi Menjaring Pelanggan Bisnis

Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Pemanfaatan bahan-bahan alami juga penting untuk memaksimalkan pangsa pasar produk syariah. Sebab masyarakat religius di Indonesia kini semakin gemar dengan produk yang terbuat dari bahan alami, misalnya pasta gigi dari siwak dan vitamin dari jintan hitam (habbatussauda).

isnis harus mampu memanfaatkan bahan-bahan alami yang identik dengan kehalalan sehingga makin banyak masyarakat yang tertarik menggunakan produk tersebut.

Menyiapkan Desain Produk Bernuansa Religius

Pangsa pasar produk syariah cenderung tertarik dengan desain produk bernuansa religius. Oleh sebab itu, kamu harus mendesain produkmu secara serius agar identik dengan kesan religius sekaligus elegan.

Desain logo dan kemasan patut dipertimbangkan secara matang supaya tidak hanya melindungi produk tetapi juga menjadi sarana branding bisnis yang efektif. Tak sedikit orang yang memutuskan membeli produk karena tertarik dengan kemasan yang bernuansa religius.

Melakukan Branding Bisnis Secara Efektif

Beberapa contoh upaya branding bisnis yang bisa dilakukan ketika berusaha menarik pangsa pasar produk syariah, yaitu,

  • Mengandalkan brand ambassador yang identik dengan kesan religius (selebgram, selebriti, maupun seleb Tiktok).
  • Mewujudkan konsep iklan yang elegan dan sarat kesan syar’i.
  • Meluncurkan produk pada momen yang tepat, misalnya di bulan Ramadan atau menjelang Idul Adha.
  • Mengikuti tren bisnis syariah yang sedang populer di kalangan masyarakat.

Kalau kamu sukses membidik pangsa pasar produk syariah, niscaya bisnismu akan berkembang pesat dan semakin populer. Bukan mustahil jika bisnismu mampu menembus pasar internasional bila memiliki ciri khas yang eksklusif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here