Monetisasi Akun YouTube: Strategi Berbisinis Menggunakan YouTube

Kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan, YouTube bisa membantumu lho. Caranya dengan memonetisasi akun YouTube. Dengan monetisasi, pemilik akun YouTube bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

YouTube ditonton oleh 95 persen pengguna internet sedunia. Setiap orang rata-rata menonton video di YouTube selama 11 menit. Tak heran jika kepopuleran YouTube mengalahkan stasiun televisi. Oleh karena itu, banyak orang tertarik menggunakan YouTube untuk mendapatkan penghasilan.

Apa sih yang dimaksud dengan monetisasi YouTube? Monetisasi YouTube adalah menggunakan akun YouTube untuk mendapatkan penghasilan. Baik dari pemasang iklan, maupun dari sumber-sumber lainnya. Berikut ini beberapa cara memonetisasi akun YouTube yang bisa dilakukan.

Monetisasi Akun YouTube dengan Memasang Adsense

Adsense adalah iklan yang dikelola oleh Google. Google menempatkan iklan ini di berbagai platform yang dimilikinya. Salah satunya YouTube. Sedangkan pembuat iklan tentunya adalah pemilik produk.

Nah, kalau kamu membuat konten di video dan mengunggahnya ke YouTube, maka kamu bisa menempatkan adsense di konten tersebut. Google akan membayar kamu setelah memotong sebagian uangnya dari pemasang iklan atau pemilik produk.

Namun, untuk bisa memasang Adsense, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya, kamu sudah memiliki 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Marketing Lewat Youtube untuk Bisnis Anda?

Menempatkan Affiliate Link di YouTube

Affiliate link adalah link yang mengarahkan pengunjung ke sebuah situs tertentu. Umumnya adalah online shop atau marketplace online. Penyebar affiliate link mendapatkan penghasilan jika link tersebut di-klik, atau jika pengunjungnya melakukan pembelian di situs tujuan.

Sebagai YouTuber, kamu bisa menempatkan link ini di bawah setiap tayangan video yang kamu unggah. Penghasilan yang didapatkan tentunya bervariasi, bergantung pada pemilik affiliate link.

Mengunggah Konten Berbayar

Kamu pernah menyaksikan video review gadget di salah satu kanal YouTube? Kalau iya, bisa jadi video tersebut dibuat berdasarkan pesanan. Maksudnya, kalau kamu memiliki kanal YouTube, pemilik brand bisa memintamu untuk meninjau produk mereka.

Sebagai imbalannya, kamu mendapatkan penghasilan. Jumlah penghasilannya tentu bergantung pada banyak hal. Di antaranya yaitu jumlah subscriber dan jumlah atau kualitas konten yang sudah diunggah.

Nah, itulah beberapa cara monetisasi akun YouTube yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Kamu bisa menggunakan salah satunya atau menggunakan ketiga cara tersebut.

Semakin kamu rajin mengunggah konten video, penghasilanmu tentunya akan semakin besar. Sebagai contoh, akun kanal YouTube bernama Sobat HAPE mendapatkan penghasilan dari Adsense sebesar Rp15 hingga 20 juta perbulannya. Lumayan kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here