Brand Awareness: Yuk, Menggelar Pameran agar Brand Lebih Dikenal

Brand awareness sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu cara efektif meningkatkan brand awareness adalah dengan menggelar event pameran. Dengan menggelar sebuah pameran, calon konsumen bisa melihat lebih dekat produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan melihat lebih dekat produk atau jasa yang ditawarkan, calon konsumen bisa menilai kualitas dari produk atau jasa tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga bisa mendapatkan informasi lain. Semisal, bahan baku yang digunakan dan proses produksi/jenis layanan yang digunakan.

Di sisi lain, pameran juga berguna untuk networking. Baik dengan supplier, agen/distributor, maupun dengan pemilik bisnis sejenis.

Oleh karenanya, kalau kamu pemilik bisnis, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggelar pameran. Baik bisnismu berskala besar ataupun kecil. Namun, agar acara pameran bisa efektif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu,

Tetapkan Tujuan Sebelum Menggelar Pameran

Kalau kamu pemilik brand yang baru, ada baiknya pameran digelar untuk memperkenalkan secara luas brand yang kamu miliki. Atau, kamu juga bisa memperkenalkan bisnis yang kamu miliki. Dengan kata lain, kamu tidak harus meraih angka penjualan yang tinggi.

Namun, kalau brand atau bisnismu sudah lama berdiri, kamu bisa menetapkan target penjualan dari setiap acara pameran yang digelar. Dalam hal ini, kamu mungkin sudah memperkenalkan brand yang kamu miliki lewat kanal pemasaran lain. Semisal, iklan atau media sosial.

Menganalisa Kompetitor Sebelum Menggelar Pameran

Tidak ada salahnya untuk menganalisa kompetitor kalau kamu ingin mengadakan pameran. Terutama kompetitor terdekat. Bagaimana dengan angka penjualan yang didapatkan kompetitor setelah pameran digelar? Kalau kamu merasa kompetitor mendapatkan hasil yang positif, tidak ada salahnya pula untuk mengikuti langkahnya.

Meski demikian, perilaku kompetitor bukanlah patokan utama. Kalau tidak ada kompetitor yang menggelar pameran, bukan berarti acara tersebut tidak efektif. Sebaliknya, kamu bisa mencoba menjadi pemilik bisnis sejenis yang mengadakan pameran untuk pertama kalinya. Siapa tahu hasilnya justru memuaskan.

Baca Juga: Saatnya Meraup Untung Besar Melalui Acara Pameran Otomotif

Desain dan Skala Pameran

Menggelar pameran juga berarti memboyong toko online atau offline ke lokasi publik di mana calon konsumen berada. Dalam hal ini, kamu harus mendirikan booth pamneran dan mendesainnya sesuai brand image. Kamu juga harus mendesainnya agar calon konsumen tertarik mendatanginya.

Kedua hal tersebut tentu berhubungan dengan skala dan bujet pameran yang kamu miliki. Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk mengadakan pemeran, ada baiknya kamu menentukan tujuan pameran dan skala booth yang akan digunakan.

Pameran Tunggal vs Pameran Bersama

Sebelum mengadakan pameran, kamu juga harus memilih akan menggelar pameran tunggal atau mengikuti pameran bersama. Masing-masing memiliki keuntungan tersendiri. Dengan pameran tunggal, kamu bisa mendapatkan perhatian penuh dari calon konsumen. Sedangkan dengan pameran bersama, kamu bisa mengurangi bujet pameran.

Pemilihan jenis pameran bergantung pada beberapa hal. Salah satunya yaitu, tujuan dari pameran. Selain itu, ada baiknya kamu menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki.

Dengan menggelar pameran kamu bukan saja bisa memperkenalkan dan menjual produk. Lebih dari itu, kamu bisa langsung mendapatkan feedback dari calon konsumen. Feedback konsumen tentunya berguna bagi pengembangan jenis dan kualitas produk. Di sisi lain, kamu bisa berinteraksi lebih lama untuk menjalin kedekatan dengan calon konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here