Suka Duka Mereka yang Harus Bekerja Sambil Kuliah. Perjuangan Banget!

Demi melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, tidak sedikit orang yang memilih kuliah kembali meski sudah bekerja. Belajar memang tidak mengenal usia. Belakangan ini, banyak loh anak muda yang bekerja sambil kuliah.

Dua kegiatan ini harus dilakoni secara bersamaan karena memang pada dasarnya saling melengkapi. Ketika keinginan untuk melanjutkan kuliah muncul, maka uang dari hasil bekerja bisa disisihkan sebagian untuk biaya kuliah. Begitu pula dengan ilmu yang didapat saat kuliah, tentu bisa digunakan untuk memperoleh karier lebih baik.

Apakah kamu juga tengah berjuang dengan kedua hal tersebut? Meski terasa berat, pastikan kamu tetap semangat ya! Berikut suka duka orang yang bekerja sambil kuliah. Semoga bisa membuatmu makin semangat!

Bekerja Sambil Kuliah Itu Harus Pandai Atur Hati Biar Tidak Terbawa Emosi

Melakoni dua kegiatan berarti harus siap mendapat dua masalah yang mungkin bersamaan. Bisa jadi di kantor kamu baru saja mendapat teguran dari atasan atau ada konflik dengan rekan kerja, lalu mendadak tiba-tiba kamu juga ingat ada tugas kuliah yang belum selesai.

Di tengah situasi serba menyebalkan ini, kamu akan berlatih untuk mengatur emosi dan dilarang baper. Profesionalitas kerja tetap harus bisa kamu jaga meski sedang ada masalah pribadi dan beban kuliah. Ketika kamu bisa melewatinya, kamu termasuk hebat loh. Kenapa? Karena tidak banyak orang yang bisa mengelola emosi sebaik kamu.

Selain Itu, Harus Punya Manajemen Waktu yang Baik

Waktu juga bisa menjadi masalah besar buat kamu yang bekerja sambil kuliah. Jam kuliah yang biasanya diadakan setelah selesai jam kantor bisa berantakan jika kamu terpaksa harus lembur kerja.

Dalam hal ini, kamu harus pintar memanajemen waktu agar kerja tidak bentrok dengan kuliah. Jangan sampai kamu melalaikan kuliah karena kesibukan kerja, begitu pula sebaliknya. Lagi-lagi, mengatur waktu juga bukan hal mudah. Tetap semangat ya!

Baca Juga: Manajemen Mood: Kunci Sukses Para Freelancer agar Tetap Profesional

Di Saat yang Lain Bisa Hangout di Weekend, Mungkin Kamu Harus Mengerjakan Tugas Kuliah

Bagi para pekerja, weekend adalah hal yang paling dinanti. Selain bisa beristirahat dari rutinitas, weekend juga bisa diisi dengan hangout bersama teman-teman. Namun, belum tentu kamu bisa menikmatinya.

Tugas kuliah yang menumpuk beserta ujian semester bisa saja membuatmu terpaksa harus melewatkan weekend di rumah dengan belajar. Ini salah satu risiko yang siap kamu jalani saat bekerja sambil kuliah.

Kamu Harus Bijak Mengelola Keuangan Saat Bekerja Sambil Kuliah

Selain waktu, ada juga keuangan yang harus kamu kelola dengan bijak. Kuliah menjadi salah satu biaya yang harus kamu keluarkan dan pastinya mengambil dari sebagian gajimu.

Di saat teman-teman lain mungkin bisa spending lebih banyak uang untuk liburan atau jalan-jalan, maka kamu lebih memilih menggunakan uang kamu untuk kuliah atau ditabung saja. Meski terasa berat, kamu percaya bahwa tidak ada yang sia-sia dari pengorbanan ini.

Pada Akhirnya, Kamu Akan Merasakan Dua Kebahagiaan Sekaligus

Tenang saja, dengan rangkaian persitiwa pahit dan manis saat bekerja sambil kuliah, kamu akan memetik hasil paling manis di akhir. Kamu bisa memperoleh gelar sarjana, menambah ilmu, serta bangga bisa melakoni dua hal berat tersebut dalam satu waktu. Salah satu hadiah yang tidak bisa ditukar atau dibandingkan dengan materi apapun bukan?

Tuntutlah ilmu selagi masih muda. Tidak ada yang tahu di masa mendatang kamu akan seperti apa. Belajarlah selagi mampu. Bekerja sambil kuliah memang berat, tapi ada manfaat berharga untuk membentuk kepribadianmu. Jadi, tetap semangat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here