Suka Duka yang Kerap Dialami ketika Mengikuti Kuliah Kelas Karyawan

Aktivitas pekerjaan bukanlah halangan untuk menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Saat ini kuliah kelas karyawan hadir sebagai solusi bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan sarjana S1 atau pasca sarjana. Kondisi kelas kuliah tersebut jelas berbeda dengan kelas mahasiswa reguler.

Mau tahu lebih banyak tentang suka duka yang kerap dialami ketika mengikuti kuliah kelas karyawan? Inilah ulasannya!

Hubungan dengan Teman Kuliah Kurang Solid

Para mahasiswa yang juga berstatus karyawan biasanya memiliki kesibukan masing-masing di luar jam kuliah. Hal inilah yang membuat hubungan pertemanan pada sesi kuliah kelas karyawan menjadi kurang solid.

Tak jarang pula mahasiswa belum mengenal satu sama lain setelah beberapa kali mengikuti sesi perkuliahan. Kamu yang berada pada situasi ini harus lebih proaktif memperkenalkan diri dan memulai percakapan dengan teman-teman satu kelas.

Dosen Lebih Memahami Kondisi Mahasiswa

Biasanya dosen yang mengajar di sesi kuliah kelas karyawan lebih memahami kondisi mahasiswanya dibandingkan dosen di kelas reguler. Dosen yang pengertian biasanya tidak memberikan tugas terlalu banyak tetapi hanya fokus pada esensi mata kuliah.

Baca Juga: Jangan Ragu Kuliah Lagi, Ini Manfaat S2 bagi Karier Anda!

Di samping itu, absen juga tidak dijadikan patokan utama untuk menilai kompetensi mahasiswa. Memiliki dosen yang pengertian tentu bermanfaat karena kamu tidak terlalu terbebani dengan setumpuk tugas kuliah.

Harus Kuliah di Hari Sabtu dan Minggu

Pada umumnya sesi kuliah kelas karyawan memang diadakan pada hari Sabtu dan Minggu. Karena mahasiswa dianggap sibuk dengan pekerjaan pada hari kerja. Tak jarang pula hal ini membuat sesi kuliah pada hari Sabtu dan Minggu berlangsung pada selama lebih dari tiga jam.

Kamu harus menyiapkan kondisi fisik dan mental supaya bisa menyerap pelajaran dengan baik meskipun harus kuliah di hari libur.

Deadline Pekerjaan dan Tugas Kuliah Sering Datang Bersamaan

Kondisi yang satu ini sering membuat mahasiswa yang kuliah di kelas karyawan jadi kewalahan. Ketika pekerjaan menuntut untuk diselesaikan, hal serupa juga datang dari tugas-tugas kuliah. Akibatnya, karyawan yang bekerja sambil kuliah harus ekstra cermat membagi waktu untuk menyelesaikan semua deadline di depan mata.

Jika kamu mengalami hal ini, kamu harus lebih sabar dan tetap fokus menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit akibat dradline menumpuk.

Selain keempat hal tersebut, tentu masih banyak suka duka lainnya pada sesi kuliah kelas karyawan. Namun, jangan sampai hal tersebut menyurutkan semangatmu untuk lulus tepat waktu dengan nilai yang baik. Kalau orang lain sanggup melakukannya, berarti kamu juga bisa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here