3 Karakter Ini Menjanjikan Kesuksesan sebagai Pekerja Paruh Waktu

Sumber: businessnewsdaily

Sukses sebagai pekerja paruh waktu memang membutuhkan banyak sekali pengorbanan dan usaha tersendiri. Seorang pekerja paruh waktu atau freelancer biasanya membutuhkan sederet kesabaran dan kerja keras yang lebih banyak dari pada pekerja full time yang datang ke kantor setiap harinya. Lalu, apa yang sebenarnya menjadi faktor kesuksesan untuk para pekerja paruh waktu tersebut?

Ada beberapa faktor yang bisa dikatakan sebagai jaminan sukses sebagai pekerja paruh waktu. Sifat serta karakter dari pekerja itu sendiri merupakan salah satunya. Bekerja untuk diri sendiri dengan klien yang berasal dari banyak golongan serta organisasi, memang membuat seorang freelancer seharusnya memiliki mental yang lebih kuat daripada pekerja lain.

3 Karakter Ini Menjadi Jaminan Sukses sebagai Pekerja Paruh Waktu

1. Kreatif

memulai karir kreatif
Sumber: diymarketers

Sebagai seorang pekerja paruh waktu, kreativitas memang memegang peranan penting. Terutama juga dari bagaimana mereka mengolah waktu hingga mencari celah dari pekerjaan yang bisa mereka lakukan. Seringnya bahkan kreativitas ini tak berhubungan dengan pekerjaan kreatif mereka sendiri. Namun lebih pada bagaimana kreativitas mereka dalam menemukan project dan menarik perhatian klien untuk jasa mereka.

Seorang pekerja paruh waktu yang kreatif memang nyaris bisa dipastikan bisa menjamin mereka untuk mendapatkan lebih banyak gig atau proyek pekerjaan. Tentunya bila dibandingkan dengan pekerja paruh waktu yang tak menggunakan kreativitas mereka.

2. Percaya Diri

lebih percaya diri di pekerjaan
Sumber: Timemanagementninja

Sebagai seorang pekerja paruh waktu, sudah bukan hal yang baru lagi bahwa Anda perlu bekerja untuk diri Anda sendiri. Tak akan ada manajer atau supervisor yang mengawasi pekerjaan Anda sebelum diberikan pada klien. Belum lagi, bagaimana Anda pun seringnya harus terjun langsung seorang diri untuk mencari sebuah proyek atau gig pekerjaan.

Dengan banyaknya hal yang harus Anda lakukan seorang diri ini, memiliki rasa percaya diri menjadi satu hal yang pasti bagi seorang freelancer. Tanpa memiliki rasa percaya diri yang besar seperti ini, rasanya nyaris tak mungkin bagi Anda untuk bisa melangkah jauh sebagai seorang freelancer.

3. Branding Diri yang Kuat

percaya diri

Membangun jaringan dan branding sendiri sangat penting saat Anda secara teratur berada di pasar untuk pekerjaan baru. Tanpa koneksi atau portofolio yang bisa dikenali, pekerja magang akan merasa lebih sulit mendapatkan pekerjaan baru saat proyek atau pekerjaan lama berakhir. Hubungan personal branding menjadi kepercayaan sosial. Mengetahui siapa diri Anda dan apa yang Anda tawarkan adalah langkah pertama, di mana memproyeksikan hal tersebut ke dunia adalah yang kedua.

Mulai dari portofolio hingga branding untuk siapa diri Anda sendiri menjadi satu hal yang penting sekali untuk diperhatikan oleh seorang freelancer.

Jadi, dengan 3 karakter sifat di atas, Anda sudah siap untuk meraih sukses sebagai seorang freelancer?

Baca Juga : Ingin Sukses Bekerja sebagai Freelancer? Hindari Melakukan 3 Kesalahan Paling Sering Dibuat Ini