Sulit Mendapatkan Promosi Jabatan? Mungkin Anda Termasuk Salah Satu dari 5 Tipe Pekerja Ini

sulit mendapatkan promosi
Sumber : gharwaalatiffin

Kompetisi dalam dunia kerja memang sangat ketat, hal tersebut membuat Anda perlu bekerja keras untuk mendapatkan promosi jabatan di antara rekan kerja lainnya yang juga sama-sama bekerja keras. Promosi karyawan bukanlah sekedar soal performa atau evaluasi kerja saja, namun komunikasi antara karyawan dan atasan juga cukup berperan penting di dalamnya. Beberapa karyawan yang mungkin berpotensi mendapatkan promosi, kenyataannya belum juga mendapatkan itu karena berbagai alasan. Mantan CEO Walmart mengungkapkan bahwa beberapa orang mengalami keterlambatan dalam karier karena mereka masuk dalam 5 kategori berikut ini.

Tipe-Tipe Pekerja yang Sulit Mendapatkan Promosi Jabatan

Whirling Dervish

Tipe karyawan yang disebut whirling dervish ini adalah mereka yang terlihat sibuk di kantor, namun nyatanya tidak menghasilkan banyak hal. Tipe ini seringkali mondar-mandir di kantor, namun selalu telat saat rapat atau mengeluh ketika harus bekerja lembur. Biasanya pekerja macam ini kurang disukai dan tidak banyak rekannya yang mau satu tim dengan tipe pekerja ini. Whirling dervish ini dianggap tidak bisa diharapkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Sudah tentu tipe ini akan kesulitan untuk meningkatkan kariernya di perusahaan atau kenaikan jabatan.

One Trick Pony

mengambil sebuah proyek

Ketika seseorang memiliki keahlian khusus dan selalu mengandalkannya dalam segala kondisi untuk menyelesaikan pekerjaannya, maka disebut tipe one trick pony. Pekerja tipe ini selalu menggunakan trik atau cara yang sama untuk menyelesaikan pekerjaannya karena merasa itulah keahliannya yang paling unggul. Cara seperti ini memang tidak terlihat begitu buruk, namun kenyataannya one trick pony ini justru mempersempit peluang untuk mengembangkan karier. Bisa dibilang pekerja ini bersifat monoton dan kurang kreatif, sehingga untuk mendapatkan semacam promosi jabatan akan sedikit kesulitan.

Baca Juga : Tidak Punya Uang tapi Ingin Memulai Bisnis Kecil? Begini Solusi Mewujudkannya!

Captain Fantastic

Ambisi bisa menguasai diri seseorang untuk menyingkirkan siapa pun yang menjadi penghambat dalam pencapaian kariernya di perusahaan. Captain fantastic adalah tipe pekerja yang sangat ambisius, dan tak jarang memiliki hubungan buruk dengan rekan kerjanya. Tipe pekerja ini sulit mendapatkan promosi, karena salah satu yang diperhatikan untuk menerima kenaikan jabatan adalah review positif dari rekan kerja dan atasan. Captain fantastic ini akan kesulitan mendapatkan review dari orang-orang yang sekitar karena hubungan yang buruk dan cara kerja yang terlalu mementingkan tujuan pribadi atau egois.

Solo Flier

gelisah saat bekerja

One man show atau disebut juga solo flier adalah tipe selanjutnya yang akan kesulitan untuk menerima kenaikan jabatan dari perusahaan. Kebanyakan para solo flier sebenarnya adalah orang-orang hebat dalam bidangnya, namun sayang tipe ini terlalu asik bekerja sendiri. Solo flier seringkali malah mengerjakan hal-hal seorang diri dan tidak sulit untuk diajak kerja sama, atau sekedar membantu rekannya. Maka dari itu, kenaikan jabatan rasanya sedikit dipertimbangkan oleh perusahaan bagi tipe karyawan ini sekalipun kinerjanya cukup baik.

Type 1.0

Tipe ini mungkin sedikit mirip dengan one trick pony, namun pekerja tipe ini cenderung menolak untuk menerima perubahan. Dengan kata lain, karyawan tersebut bekerja dengan sistem dan cara yang tidak selaras dengan perkembangan zaman. Tentu saja ini akan menyulitkannya jika harus mendapatkan kenaikan jabatan, karena ditakutkan akan mengalami culture shock dan tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada di dalam perusahaan.