Mencoba 4 Tahapan Diet Atkins untuk Tubuh yang Lebih Sehat

fase diet atkins
Sumber : Everyday Health

Beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali jenis diet yang populer dan banyak dilakukan masyarakat. Kendati demikian, setiap orang memiliki kecocokan yang berbeda dengan diet yang dijalaninya. Kalau selama ini Anda merasa belum menemukan pola diet yang cocok, mungkin Anda bisa mencoba fase diet atkins yang praktis mulai dari sekarang.

Diet yang satu ini ditemukan pada tahun 1972 oleh Robert Atkins, seorang dokter spesialis jantung. Pada prinsipnya, diet atkins mengharuskan Anda untuk membatasi asupan karbohidrat bagi tubuh. Sehingga, proses pembakaran lemak berlangsung lebih maksimal bila tubuh tidak mendapatkan banyak asupan karbohidrat. Sebagai gantinya, Anda mesti mengonsumsi aneka makanan yang mengandung lemak dan protein sebagai sumber energi.

Tak sekadar efektif untuk program penurunan berat badan, jenis diet ini juga baik bagi kestabilan kadar kolesterol dan gula darah. Sehingga risiko berbagai penyakit kronis seperti gangguan jantung, hipertensi, diabetes, dan stroke dapat diminimalisir.

4 Fase Diet Atkins Tidak rumit dan Bisa Dijalankan Kapan Saja

Pertama

fase diet atkins
Sumber : Selendang Maya

Pada tahap awal fase diet atkins ini, Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi 20 gram karbohidrat per hari selama 2 minggu. Anda bisa menyantap aneka makanan yang mengandung lemak, protein, dan berbagai jenis sayuran hijau. Biasanya berat badan akan mulai mengalami penurunan bila fase pertama berhasil dilalui dengan lancar.

Kedua

fase diet atkins
Sumber : Recipe Spark People

Anda bisa mulai menambah sedikit jumlah karbohidrat bila sudah memasuki fase kedua. Usahakan untuk memilih sumber karbohidrat kompleks yang berasal dari gandum, kacang-kacangan, beras cokelat, sayuran, dan buah-buahan. Sehingga, Anda merasa kenyang lebih lama tanpa asupan karbohidrat berlebihan. Lakukan fase kedua ini hingga kelebihan berat badan Anda hanya berkisar di angka 4,5 kg.

Baca Juga : Ini 5 Tren Diet 2019 yang Bisa Kamu Coba Demi Healthy Goals-mu

Ketiga

fase diet atkins
Sumber : Yummy

Kalau berat badan ideal Anda sudah tercapai, Anda boleh menambahkan 10 gram asupan karbohidrat lagi. Karena asupan karbohidrat tetap dibutuhkan untuk mendukung kinerja otak dan metaboslime tubuh secara keseluruhan.

Keempat

fase diet atkins
Sumber : Home

Fase ini mesti dijalani seumur hidup kalau diet Anda sudah berhasil. Anda harus berkomitmen memilih sumber karbohidrat yang sehat dengan porsi terbatas. Maka Anda tak akan mengalami peningkatan berat badan lagi jika menjalankannya secara tepat.

Menjalani fase diet atkins tidak akan membuat Anda mudah lapar sebab Anda bisa mengonsumsi aneka makanan lain yang tidak mengandung karbohidrat berlebihan. Tubuh pun akan tetap bugar dan bersemangat selama proses diet berlangsung. Jadi, kapan Anda akan mulai mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here