Mengapa Anda Tak Harus Bekerja di Ibu Kota agar Bisa Sukses?

bekerja di ibu kota
Sumber : The Jakarta Post

Ibu kota identik dengan kesempatan karier besar bagi orang-orang yang baru menyelesaikan pendidikan. Padahal, anggapan tersebut tak selalu benar. Anda tak harus bekerja di ibu kota agar bisa sukses. Ada kota-kota besar lainnya di tanah air yang bisa mendukung impian Anda untuk sukses berkarier.

Mengapa Anda tak harus bekerja di ibu kota agar bisa sukses?

Persaingan Ketat di Ibu Kota

Sumber : Hipwee

Bukan rahasia lagi kalau ibu kota diwarnai oleh persaingan ketat para pencari kerja. Jangankan lulusan S1, para lulusan S2 pun masih kerap kesulitan mendapatkan pekerjaan. Peluang untuk memperoleh pekerjaan semakin kecil kalau Anda mengincar lowongan di perusahaan-perusahaan besar. Persaingan ketat tersebut membuat Anda mesti berpikir berulang kali bila ingin bekerja di ibu kota.

Baca Juga: Slipicon Valley: Tempat Bersarangnya Startup Kekinian di Ibu Kota

Tingkat Kemacetan Semakin Parah

Sumber : Kompasiana

Letak ibu kota yang strategis tak sebanding dengan tingkat kemacetan yang harus Anda hadapi. Idealnya, Anda butuh waktu minimal satu jam untuk bepergian ke tempat-tempat yang agak jauh di ibu kota. Bahkan, kemungkinan besar Anda butuh waktu 2 jam untuk pergi dan pulang kantor kalau Anda tinggal di kawasan penyangga (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya). Kemacetan yang parah akan mengurangi waktu Anda untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Biaya Hidup yang Tinggi

Sumber : Merdeka

Gaji Anda sebenarnya selalu cukup untuk kebutuhan hidup. Namun, sulit untuk memenuhi gaya hidup. Celakanya, gaya hidup di ibu kota justru menuntut Anda untuk mengeluarkan banyak uang. Terutama kalau Anda bergaul dengan rekan-rekan kerja yang bersikap konsumeristis. Selain menyiapkan uang untuk kebutuhan utama, Anda juga pasti sering mengeluarkan uang untuk bersenang-senang dan berbelanja. Padahal, pengeluaran tersebut tidak terlalu bermanfaat dan cenderung membuat Anda boros.

Banyak Startup Potensial di Kota-Kota Lain

Sumber : Money Control

Kini, tak cuma ibu kota yang menjadi pusat perkembangan startup-startup potensial. Sejumlah kota besar lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan juga mulai dilirik oleh sejumlah startup. Anda tak harus bekerja di ibu kota bila memiliki passion di bidang perkembangan startup. Sebab Anda justru bisa merintis karier dan startup secara mandiri di kota tempat tinggal Anda. Ketersediaan sarana pendukung yang memadai akan membantu menfasilitasi perkembangan startup secara maksimal.

Sesekali mengunjungi ibu kota untuk urusan kerja tentu sah-sah saja. Namun, nyatanya Anda tak harus bekerja di ibu kota demi karier dan jumlah pendapatan yang meningkat. Berusahalah merintis karier atau bisnis dari kota tempat tinggal Anda bila kondisinya sudah memadai.

Beri komentar Anda tentang artikel ini