Inilah Tanda-Tanda bahwa Anda Sedang Menjalani Wawancara dengan Perusahaan Tidak Sehat

perusahaan tidak sehat
Sumber : ivyexec

Wawancara kerja bukan sekadar sebuah waktu bagi Anda untuk duduk, menjawab pertanyaan, dan menunggu dianalisa dan dihakimi. Ini juga merupakan sebuah kesempatan bagi Anda untuk mengecek dan memverifikasi tempat kerja potensial masa depan Anda, menentukan apakah perusahaan tersebut nantinya akan cocok atau tidak dengan Anda. Selain itu, ini juga merupakan momen untuk melihat apakah ada red flag bahwa Anda sedang menjalani wawancara dengan perusahan tidak sehat yang seharusnya membuat Anda segera kabur. Jika Anda suatu hari nanti menjalani sebuah situasi aneh dalam wawancara dan tidak bisa memastikan apakah reaksi naluri Anda benar, ini adalah beberapa tanda peringatan yang menunjukkan bahwa Anda mungkin sedang melakukan wawancara dengan perusahaan tidak sehat atau pekerjaan tersebut tidak cocok dengan Anda.

Hati-Hati, Tanda-Tanda Ini Menunjukkan Anda Berhadapan dengan Perusahaan Tidak Sehat

Anda Merasakan Aura yang Tidak Menyenangkan

Sumber : urbansocialtv

Salah satu pertanda yang jelas bahwa Anda tengah menjalani proses rekrutmen bersama perusahaan tidak jelas adalah atmosfer aneh yang bisa Anda rasakan ketika berada di sana. Semua orang yang ada di perusahaan tersebut terlihat suram. Semua orang terlihat begitu diam, tetapi bukannya nampak karena setiap orang sedang berkonsentrasi sangat keras pada apa yang mereka kerjakan, semuanya hanya nampak muram dan mematung tanpa adanya keceriaan dan semangat. Jika Anda adalah tipe pekerja tim yang ramah secara alamiah, maka ini jelas bukan tempat yang akan cocok bagi Anda. Apalagi, Anda bisa merasakan ini semakin parah jika Anda dikenalkan dengan beberapa rekan kerja potensial masa depan dan mereka tidak nampak antusias dengan perkenalan tersebut. Jika mereka bahkan tidak bisa berpura-pura untuk membuat calon anggota tim baru terkesan, maka jelas mereka tidak senang berada di sana. Anda pun akan menjadi semuram mereka ketika Anda bekerja di perusahaan tidak sehat seperti ini.

Baca Juga: Tips Menggali Informasi Lebih Dalam tentang Perusahaan Tempat Anda Wawancara Kerja

Wawancaranya Berakhir Terlalu Cepat

Sumber: Blog.bindertek

Wawancara kerja memang tidak harus berlangsung sangat lama dan berbelit-belit, tetapi juga aneh jika wawancara tersebut terlalu singkat. Jika Anda merasa bahwa Anda ditanyai beberapa pertanyaan yang tidak terlalu susah atau tidak terlalu penting serta belum cukup untuk menunjukkan potensi Anda, tetapi tiba-tiba saja Anda mendapatkan tawaran pekerjaan di sana, maka Anda harus mundur sejenak meskipun Anda senang mendengar tawaran tersebut. Apakah ini bukan karena perusahaan tersebut sedang putus asa atau tidak kompeten? Apakah ada konsekuensi atau jebakannya? Jangan melayang-layang karena Anda lega mendapat tawaran dengan cepat atau tersanjung sehingga lupa berpikir rasional. Karena jika sampai Anda bekerja di perusahaan tidak sehat dan baru merasakannya setelah menandatangani kontrak, Anda akan rugi sendiri.

Karyawannya Sering Keluar

menunggu dipecat
Sumber : cbsnews

Jika ada turnover rate yang tinggi, di mana karyawannya selalu keluar dalam jangka waktu yang tidak lama, maka menunjukkan bahwa kemungkinan ada budaya perusahaan tidak sehat yang menyulutnya. Bisa jadi ini juga merupakan alasan mengapa Anda mendengarkan tawaran kerja yang terburu-buru tersebut. Jika ada cara untuk menemukan dari karyawan atau mantan karyawan mengenai apa yang menyebabkan begitu tingginya jumlah karyawan yang keluar, maka carilah informasi berguna ini. Jika Anda merasa pertanyaan ini terlalu blak-blakan, coba tanyakanlah kepada karyawan yang sedang bekerja di sana berapa lama mereka sudah bekerja di perusahaan tersebut. Jika setiap orang yang bicara dengan Anda menjawab bahwa mereka belum ada di sana lama, maka aktifkan insting Anda dan waspadalah.

Selalu ingat bahwa wawancara kerja merupakan proses dua arah. Jadi, jangan sampai Anda gagal mengamati perusahaan yang mewawancarai Anda dan mengabaikan tanda bahwa itu adalah perusahaan tidak sehat.