Hati-Hati, Ini Tanda-Tanda Kamu Dimanfaatkan Rekan Kerja

Kolaborasi dan kerjasama tentu diperlukan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Tapi, ada saja karyawan yang mencoba memanfaatkan rekan kerjanya. Untuk mencegahnya, kamu sebaiknya tahu tanda-tanda kalau kamu dimanfaatkan oleh rekan kerja.

Dimanfaatkan rekan kerja bisa berarti kamu bekerja keras, sementara rekan kerjamu itu santai-santai saja tanpa melakukan apa-apa. Namun, kamu juga bisa dimanfaatkan dengan cara lain. Semisal, ide dan pendapatmu sering disalahgunakan.

Berikut ini beberapa tanda kalau kamu sedang dimanfaatkan oleh rekan kerjamu.

Dimanfaatkan Rekan Kerja Lewat Pujian

Setiap orang senang akan pujian. Termasuk kamu. Namun, oleh rekan kerjamu, pujian ini dijadikan cara untuk mendekatimu. Sehingga kamu selalu bersedia membantunya menyelesaikan pekerjaan. Pujian juga bisa diberikan kalau kamu sedang tidak bersedia membantunya.

Tujuannya agar kamu menyediakan waktu untuknya. Nah, kalau rekan kerja terlalu sering memberikan pujian, itu merupakan salah satu tanda kamu dimanfaatkan olehnya.

Sering Mengerjakan Pekerjaan di Luar Job Description

Mengerjakan pekerjaan di luar job description boleh-boleh saja kamu lakukan. Tapi, kalau sudah terlalu sering mengerjakannya, kamu harus waspada. Pasalnya, ini bisa menjadi tanda kamu dimanfaatkan oleh rekan kerja. Ini juga menjadi tanda bahwa tim kamu tidak bisa berkolaborasi dengan baik.

Umumnya, rekan kerja menyerahkan pekerjaan di luar job description agar ia terlepas dari tanggung jawabnya. Alasan lainnya, ia tidak ingin menanggung kesalahan jika pekerjaan itu tidak diselesaikan dengan baik.

Sebaliknya, saat sedang dibutuhkan, rekan kerjamu selalu saja menghindar. Padahal kamu sedang membutuhkan bantuannya untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Membantu Pekerjaan Rekan Kerja Bisa Berdampak Buruk bagi Kariermu

Tidak Mendapatkan Pengakuan

Setiap karyawan membutuhkan penghargaan dan pengakuan atas hasil kerjanya. Namun, jika kamu seringkali tidak mendapatkan keduanya setelah menyelesaikan pekerjaan, kamu harus waspada. Apalagi jika pekerjaan itu merupakan pekerjaan besar atau penting.

Lebih dari itu, jika rekan kerjamu mendapatkan penghargaan atas pekerjaan yang kamu lakukan, maka itu berarti ia sudah memanfaatkan kamu.

Selalu Disalahkan

Setiap karyawan bisa melakukan kesalahan. Termasuk kamu. Namun, jika selalu disalahkan oleh rekan kerja, itu bisa merupakan tanda bahwa kamu sedang dimanfaatkan. Apalagi jika kesalahan itu dibesar-besarkan.

Atau, rekan kerjamu membicarakan kesalahanmu dengan rekan kerja lain tanpa sepengetahuan dirimu, alias menggunakannya sebagai bahan gosip di kantor.

Dimanfaatkan Rekan Kerja untuk Menyelesaikan Masalah

Salah satu tanda bahwa kamu bisa menjadi karyawan yang baik yaitu bisa menyelesaikan masalah. Tapi, kalau kamu terlalu sering menyelesaikan masalah, bisa jadi ini merupakan tanda bahwa kamu sedang dimanfaatkan. Apalagi kalau kamu menyelesaikannya seorang diri. Pasalnya, tidak semua orang mau atau bisa menyelesaikan masalah. Nah, rekan kerjamu mungkin salah satunya.

Kerjasama atau kolaborasi hendaknya dilakukan oleh seluruh anggota tim. Jika hanya satu atau sebagian anggota yang melakukannya, hasilnya tentu tidak maksimal. Dengan mengetahui tanda-tanda di atas, kamu bisa mencegah agar tidak dimanfaatkan oleh rekan kerja. Sehingga, tujuan dari kolaborasi atau kerjasama bisa tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here