Tanda Kalau Kamu Salah Berolahraga, Sebaiknya Segera Berhenti

Banyak orang yang kini mengikuti kelas pilates, yoga, gym, hingga latihan fisik dengan berbagai tujuan, seperti untuk menurunkan berat badan dan agar tubuh lebih bugar dari sebelumnya. Namun ternyata, tak semua latihan atau olahraga cocok untuk kamu. Bisa jadi kamu salah berolahraga.

Nah, berikut ini beberapa tanda kalau olahraga yang kamu lakukan tidak tepat untuk tubuhmu.

Tidak Adanya Perubahan

Tanda yang paling jelas bahwa kamu mungkin perlu mengubah rutinitas latihan adalah ketika kamu sudah cukup rajin berpegang teguh pada latihan tersebut, tetapi tidak mendapatkan perubahan yang tak diinginkan.

Entah itu kamu merasa tidak semakin kuat, atau tingkat energimu secara keseluruhan tidak membaik. Jika kamu tidak melihat atau merasakan hasil yang diinginkan setelah beberapa bulan, kemungkinan kamu salah berolahraga.

Latihan Olahraga yang Dilakukan Menyakitkan

Sedikit rasa sakit memang wajar bila kamu sedang latihan atau berolahraga, terlebih bila kamu memilih latihan fisik. Namun, jika latihan yang dilakukan dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak normal atau seperti cedera, kamu mungkin ingin berkonsultasi dengan pelatih untuk menemukan latihan yang pas sebagai alternatifnya.

Tentu, yang terbaik adalah  berhenti melakukan apa pun yang menyakiti diri selama latihan sehingga kamu tidak secara tidak sengaja melukai diri sendiri.

Baca Juga: Sia-Sia, Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Sehabis Berolahraga

Kamu Justru Jatuh Sakit

Sangat normal bila kamu merasakan nyeri otot yang tertunda setelah latihan. Namun, jika kamu merasa seperti menarik atau melukai bagian tubuh setelah berkeringat, kemungkinan latihan itu tidak berhasil untuk kamu.

Ini mungkin karena intensitas dan tingkat kekuatan saat ini yang tidak cocok, yang dapat menyebabkan kompensasi dan terlalu banyak menggunakan kelompok otot tertentu daripada yang lain. Segera hentikan bila kamu salah berolahraga.

Merasa Tidak Nyaman Jelang Waktu Berolahraga

Terkadang, ada waktu kita lebih suka bersantai di rumah atau menonton serial televisi favorit daripada menghabiskan waktu di gym. Namun, jika kamu justru merasa takut pergi ke kelas olahraga atau gym setiap hari, mungkin itu pertanda terbesar bahwa kamu belum menemukan latihan yang menantang dengan cara yang benar.

Nah, apakah ada tanda-tanda di atas yang mengarahkan bahwa kamu salah berolahraga? Lebih baik hentikan aktivitas ini sebelum kamu mengalami cidera yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here