Punya Karier Mentok di Tempat kerja? Kenali Dulu Tanda-Tandanya

Ketika kamu merasa punya karier mentok di kantor, kamu seolah tidak punya passion lagi untuk bekerja. Kondisi ini membuat kamu bosan dan merasa frustasi karena tidak memiliki hal menarik lagi yang perlu dikerjakan.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa perbedaan antara bad day dengan punya karier mentok di tempat kerja? Tanda-tanda berikut dapat menjadi petunjuk yang bisa kamu perhatikan.

Kamu Tak Ingat Kapan Terakhir Kali Merasa Bersemangat di Kantor

Normal saja bila kamu sesekali merasa bosan di tempat kerja. Namun menurut Forbes, karier kamu kemungkinan akan berhenti jika kamu benar-benar tidak dapat mengingat kapan terakhir kali pekerjaanmu membawa rasa gembira.

Bila kamu tidak merasakan pencapaian dari setidaknya satu hal setiap minggu, bisa jadi kamu memang punya karier mentok di kantor. Waspadai tanda yang satu ini.

Pikiran Kamu Mengembara Kemana-mana

Karena kamu tidak punya semangat di tempat kerja, pikiran kamu pun melayang kemana-mana. Sudah pasti, semua orang pernah melamun di kantor ketika menjalani hari yang terasa lambat, atau kamu punya rencana akhir pekan yang menyenangkan dan sudah tak sabar menunggu.

Tetapi jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu dengan pikiran kosong, bisa jadi kamu memang punya karier mentok karena pekerjaan di kantor tidak membuat kamu bersemangat.

Kamu Tidak Memikirkan Pekerjaan Setelah Pulang Kerja

Menghabiskan banyak waktu di kantor hingga tidak bisa membuat kamu bersantai saat akhir pekan tentu bukan hal yang sehat untuk kesehatan fisik dan mental.

Namun, jika kamu pun tidak pernah memikirkan apapun tentang hal kreatif yang akan dibawa ke meja kerja keesokan harinya, ini juga bisa menjadi pertanda karier kamu tidak bisa berkembang.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Karir Anda Tidak Berkembang

Tidak Ada Kesempatan untuk Maju

Sayangnya, banyak karyawan yang merasakan hal ini. Sebuah studi di tahun 2015 mengungkapkan bila hanya sekitar 38 persen karyawan di Amerika Serikat yang merasa karier mereka bisa maju. Begitu juga kondisi di Indonesia yang tidak jauh berbeda.

Tentu saja ada berbagai faktor kenapa ini terjadi. Namun, jika kamu merasa benar-benar tidak ada cara untuk bisa maju dalam karier, mungkin ini waktunya bagi kamu untuk memfokuskan energi di tempat lain.

Kamu Tidak Belajar Hal Baru Apapun

Tentu saja, kamu tidak ingin menjadi pemula pada posisi kerja yang ditekuni selama beberapa tahun. Tetapi, mengasah skill baru juga menjadi satu keharusan untuk karir apapun. Dapat dikatakan jika karier adalah rangkuman pengalaman, skill, dan pengetahuan yang telah kamu dapatkan dari pekerjaan.

Jadi, ini semacam rangkuman yang membuat kamu lebih kompeten dan memberi kamu lebih banyak otoritas atau keahlian pada bidangmu. Jika kamu tidak mempelajari hal baru seiring dengan berjalannya waktu, itu berarti kamu punya karier mentok dan tak bisa maju.

Nih, Karier Kamu Mentok Jika Tidak Pernah Naik Gaji

Jika gaji kamu mentok di angka itu-itu saja selama beberapa tahun, ini berarti kamu tidak memiliki karier, tetapi kamu hanya memiliki pekerjaan. Tanda ini patut kamu perhatikan.

Apalagi, jika kamu tetap di posisi yang sama selama beberapa tahun, gaji yang kamu terima seharusnya mencerminkan bahwa kamu telah mengalami peningkatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here