Waspada! Jangan Sampai 4 Tanda Karier Merosot Ini Menimpa Anda

Karier cemerlang pasti dambaan semua orang. Terutama bila Anda berkarier di bidang yang Anda cintai. Sayangnya, perjalanan karier tak selalu berlangsung mulus. Ada saja risiko yang malah membuat karier merosot.

Empat tanda karier merosot berikut ini harus Anda waspadai.

Supaya Anda bisa cepat mengambil keputusan demi perjalanan karier yang lebih lancar:

Mengalami Demosi

Demosi adalah pemindahan jabatan ke posisi yang lebih rendah. Sebenarnya demosi terbilang jarang terjadi di dunia kerja. Namun, bukan mustahil Anda mengalaminya. Karyawan yang mendapatkan demosi biasanya dianggap kurang kompeten pada jabatannya yang sekarang atau melakukan kesalahan yang cukup fatal.

Tanda karier merosot yang satu ini pasti membuat siapa pun yang mengalaminya jadi tak nyaman. Bahkan mungkin Anda patut mempertimbangkan keputusan untuk pindah ke tempat kerja lain.

Junior yang Kariernya Melesat di Atas Anda

Idealnya, promosi jabatan di perusahaan memang harus memprioritaskan karyawan yang lebih senior. Karena pengalaman yang lebih lama pasti membuat seorang karyawan lebih peka terhadap lingkungan kerjanya. Kalau ada karyawan junior yang kariernya melesat di atas Anda, situasi ini akan membuat Anda lebih berhati-hati.

Meskipun posisi Anda terkesan stabil, sebenarnya hal tersebut bisa menjadi gejala karier merosot. Kalau Anda memiliki kualitas pekerjaan yang baik, tentu saja Anda berhak memperoleh promosi jabatan terlebih dahulu.

Baca Juga: Sulit Mendapatkan Promosi Jabatan? Mungkin Anda Termasuk Salah Satu dari 5 Tipe Pekerja Ini

Tidak Mendapat Ilmu Baru

Bekerja bukan sekadar urusan mengumpulkan uang saja. Lebih dari itu, pekerjaan seharusnya membuat Anda termotivasi mempelajari hal-hal baru. Karena hal-hal baru tersebut akan menambah kompetensi Anda di bidang pekerjaan yang Anda tekuni. Kalau Anda tidak mendapatkan ilmu-ilmu baru, kemungkinan besar karier Anda akan terganggu. Anda bisa kalah bersaing dengan rekan-rekan kerja lainnya yang lebih proaktif dan tak kalah kompeten.

Sudah Lama Tak Mendapatkan Bonus

Bonus merupakan bentuk penghargaan dari perusahaan terhadap pencapaian kerja yang Anda raih. Bentuknya tidak selalu berupa uang, tapi cuti tambahan, akomodasi liburan, atau voucher belanja. Anda patut merasa was-was kalau sudah lama tidak mendapatkan bonus. Hal ini bisa menjadi pentunjuk merosotnya karier Anda. Jangan mau kalah dengan rekan kerja lainnya yang sering mendapatkan bonus. Anda harus menunjukkan performa kerja terbaik yang patut dihargai perusahaan.

Sebagai karyawan modern yang kompeten, tanda-tanda karier merosot tak boleh mengganggu produktivitas Anda. Bila perusahaan tempat Anda bekerja tak dapat menghargai kerja keras Anda, mungkin sudah waktunya mencari pekerjaan baru. Bekerjalah di lingkungan yang positif dan membuat Anda bersemangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here