Tanda Karyawan Magang Harus Bersiap Jadi Karyawan Tetap, Simak Ya!

Karyawan magang biasanya menghabiskan masa kerja hanya beberapa bulan di suatu perusahaan. Dengan iklim bekerja di startup yang kian menjamur di mana-mana, banyak mahasiswa yang kemudian memilih magang sembari menyelesaikan tugas akhir. Bukan hanya dapat pengalaman, mahasiswa pastinya juga mengincar kesempatan untuk menjadi pegawai tetap.

Benarkah karyawan magang mampu menjadi pegawai tetap? Meski peluangnya tidak cukup besar, kamu tentunya bisa loh melakukannya. Berikut tanda perusahaan siap mengubah anak magang menjadi pegawai tetap!

Karyawan Magang dengan Feedback Selalu Positif Pasti Sudah Diincar Perusahaan

Pekerjaan anak magang biasanya memang tidak seberat para senior lainnya. Anak magang akan ditempatkan di bawah suatu divisi dan diperbantukan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan divisi tersebut. Kunci untuk bisa belajar dengan baik adalah dengan setia pada pekerjaan sekecil apa pun yang diberikan.

Saat kamu bisa memberikan pekerjaan semaksimal mungkin, bisa dipastikan feedback yang diberiakn pun baik. Semakin banyak kamu menabung feedback positif, semakin besar pula kesempatanmu untuk bekerja di situ. Perusahaan jelas akan membidik kamu sebagai salah satu sumber daya yang wajib direkrut.

Punya Hubungan Baik antara Karyawan Magang dengan Atasan serta Rekan Senior

Seorang anak magang yang mampu bersosialisasi dengan baik juga menjadi poin plus tersendiri. Meski tergolong muda, memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang lebih tua tentunya merupakan hal baik. Apalagi kalau sudah mampu bekerja sama dalam tim.

Jadi, manfaatkan kesempatan magang sebaik mungkin untuk mengasah soft skill dalam bersosialisasi. Kamu tidak akan kaget saat memulai karier kelak karena sudah terbiasa dengan obrolan kantor semasa magang.

Baca Juga: Agar Produktif, Bagaimana Meningkatkan Motivasi Karyawan Magang?

Atasan yang Peduli Membimbing Karyawan Magang Biasanya Punya Harapan Besar ke Depannya

Tidak banyak loh atasan yang mau ikut campur urusan dan pekerjaan anak magang. Apakah atasanmu saat menjadi karyawan magang begitu peduli padamu? Kalau jawabannya iya, mungkin dia cukup tertarik dengan caramu bekerja.

Saat kamu satu atau dua kali dapat menunjukkan performa yang baik, maka atasan akan menjadi lebih peduli padamu. Dia mulai punya padangan ke depan harus merekrut kamu untuk tim di masa depan. Jadi, baik-baiklah sama atasan meski diberi pekerjaan cukup sulit ya.

Baru Magang Tapi Diberi Kepercayaan Sebuah Proyek? Siap-Siap Diangkat Ya!

Tanda yang paling akhir ini biasanya menjadi paling jelas terlihat. Karyawan magang yang diberi kepercayaan sebuah proyek biasanya akan diberi kesempatan untuk diangkat menjadi pegawai tetap. Bukan hanya sekadar tugas proyek, ini juga merupakan “tes” yang sengaja diberikan untuk menilai kemampuan anak magang.

Kuncinya adalah jangan keburu grogi saat kamu diberi tugas lebih besar. Coba berpikir positif dengan beranggapan bahwa ini kesempatan baik untuk kamu “naik kelas”. Bekerjalah seperti biasa dan beri effort lebih untuk menunjukkan keyakinanmu bisa bekerja di situ.

Nah, karyawan magang bisa juga kan menjadi pegawai tetap? Manfaatkan masa magang sebaik mungkin agar potensi yang ada padamu bisa dilihat oleh atasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here