Cegah Diabetes Sejak Dini, Kenali 5 Tanda Kelebihan Gula Berikut!

tanda kelebihan gula
sumber: wallpaperMania

Diabetes menjadi penyakit yang dihindari oleh banyak orang. Sayangnya, penyakit ini justru kini sudah mulai sering menyerang anak-anak muda. Tentu, tidak semua orang sadar akan tanda kelebihan gula dalam tubuhnya. Pola makan yang salah dan tidak terkontrol menjadi salah satu pemicu penyakit diabetes. Diabetes biasanya datang secara tiba-tiba tanpa sempat disadari si penderita. Jika sudah begitu, berbagai pengobatan dan program diet diabetes pun dilakukan untuk mengurangi risiko-risiko yang akan terjadi. Nah, sebelum terlambat, ada baiknya kamu mengenali beberapa tanda kelebihan gula dalam tubuhmu berikut ini. Siapa tahu kamu bisa melakukan proteksi dini agar tidak terkena penyakit diabetes.

Tidak Bisa Berhenti Mengonsumsi yang Manis Menjadi Gejala Awal Tanda Kelebihan Gula

Sumber: wallpaperMania

Buat kamu yang hobi memakan makanan manis, ada baiknya kamu mulai waspada. Kegemaranmu tersebut lama-lama bisa menjadi ketergantungan pada makanan dan minuman manis. Menurut Brooke Alpert, M.S., R.D., penulis The Sugar Detox, gula memiliki efek adiktif yang membuat orang ketagihan memakannya. Hal ini disebabkan karena makanan yang tinggi gula akan mengakibatkan lonjakan insulin yang diproduksi pankreas, namun dapat segera turun kembali. Tidak heran jika kemudian tubuhmu menginginkan gula lagi dan lagi.

Baca Juga: 6 Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tetap Enak!

Sering Merasa Cepat Lelah

Sumber: shutterstock

Nah, mudah naik dan turunnya hormon insulin tadi tidak hanya membuatmu mudah bertenaga, tetapi juga mudah lelah. Jika kamu merasa mendadak mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas berat, bisa jadi ini menjadi tanda kelebihan gula dalam tubuhmu. Orang normal biasanya lebih memiliki tubuh yang stabil, yaitu lelah di saat setelah melakukan banyak aktivitas yang menguras tenaga. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi gula berlebih akan cenderung membuatmu lebih sedikit mengonsumsi protein dan serat. Padahal dua hal tadi dapat meningakatkan energi.

Tanda Kelebihan Gula Berikutnya adalah Kamu Mengalami Kenaikan Berat Badan

Sumber: HealthGoesUp

Ini tanda paling mudah kamu ketahui. Gula berbeda dengan serat dan protein yang dapat meningkatkan energi. Di dalam gula tidak serat maupun protein, sehingga tidak bisa mengenyangkan perutmu. Hal ini membuat tubuhmu menginginkannya terus. Tahukah kamu bahwa hormon insulin yang diproduksi oleh gula merupakan kunci dalam kenaikan berat badan berlebih? Semakin sering kamu mengonsumsi gula, maka kamu semakin membuka peluang berat badanmu naik.

Terkadang Merasa Pusing Setelah Makan

sumber: VideoBlocks

Bukan hanya penderita darah rendah yang sering mengalami pusing. Perbedaan drastis yang terjadi saat lonjakan dan penurunan insulin ternyata dapat juga membuatmu pusing. Jadi, kalau kamu kadang pusing setelah makan, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda kelebihan gula dalam tubuhmu.

Kerusakan pada Gigi yang Pelan-Pelan Muncul

sumber: Dreamstime

Penyebab utama kerusakan pada gigi adalah asam dari bakteri yang melekat pada gigi. Biasanya, air liur yang diproduksi di dalam mulut berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH di sana. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula, keseimbangan pH di dalam mulutmu pun akan berubah. Bakteri di dalam mulut pun justru akan semakin berkembang dan menyebabkan kerusakan pada gigimu. Nah, coba cek apakah ada banyak kerusakan di gigimu sekarang? Hati-hati jika itu merupakan tanda kelebihan gula dalam tubuhmu, ya!

Dengan mengetahui beberapa tanda kelebihan gula tadi, semoga kamu bisa menjadi lebih bijak dalam mengonsumsi makanan. Mulai sekarang, kamu bisa belajar mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Jika perlu, ganti gulamu dengan pemanis lainnya, misalnya dengan madu yang lebih kaya akan vitamin dan mineral. Yuk, terapkan pola makan sehat dari sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here