Waspadai, 5 Tanda Halus Makanan Sudah Kedaluwarsa!

Sumber: safebee

Tanggal kedaluwarsa makanan dianggap tidak selalu benar. Namun, masih banyak yang membuang makanan karena melihat tanggal kedaluwarsa padahal makanan masih aman untuk dikonsumsi. Nah, bagaimana sebenarnya melihat makanan sudah kedaluwarsa atau belum? Berikut tanda-tanda halus bahwa makanan Anda sudah kedaluwarsa dan tidak bisa lagi dikonsumsi.

Makanan Laut Akan Berbau Sangat Amis

Sumber: livingntasting

Makanan laut memang berbau amis. Namun, bila Anda mencium bau amis yang mencurigakan dan aneh, itu pertanda kondisi makanan laut tersebut sudah buruk. Ikan segar yang berbau amis akan semakin berbau amis dan rusak bila sudah lama terkena udara.

Jika Anda memiliki ikan utuh dan ingin mengetahui apakah ikan tersebut segar, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti mata terlihat jernih, tidak sayu, dan tidak berlendir.

Daging dan Sayuran Terlihat Mengkilap atau Berlendir

Sumber: dutchvalleymeatsinc

Bukan hanya makanan laut, Anda juga sebaiknya membuang daging atau sayuran yang berlendir. Jika makanan lengket atau berlendir, itu berarti bakteri sudah tumbuh dan berkembang di makanan tersebut. Anda akan sakit bila nekad memakannnya.

Kentang Tidak Seharusnya Berwarna Hijau

Sumber: food-hacks.wonderhowto

Kentang adalah salah satu sayuran bisa dikonsumsi dengan ragam metode. Namun, tahukah Anda bahwa kentang memiliki waktu kedaluwarsa yang cepat? Warna hijau pada kentang bukan berasal dari usianya, melainkan penumpukan senyawa bernama solanine.

Rona kehijauan menunjukkan kondisi kentang mulai memburuk, tetapi masih aman dikonsumsi. Cukup potong bagian hijaunya sebelum diolah karena bagian hijau memberikan rasa pahit dan berpotensi menyebabkan penyakit jika dimakan dalam jumlah besar.

Baca Juga: Lima Jenis Kentang Goreng yang dapat Ditemukan di Jakarta

Makanan Beku yang Mengembangkan Kristal Es

Sumber: foodnetwork

Kristal es atau embun beku pada makanan beku bukan karena berada di suhu yang sangat dingin, melainkan tanda kondisinya memburuk. Makanan beku berlapis kristal es adalah tanda adanya penyalahgunaan suhu, yang berarti makanan mungkin mendekati titik beku teratas, dan kemudian dibekukan kembali.

Makanan Kaleng Tidak Boleh Penyok, Berkarat, atau Bengkak

Sumber: abcnews

Anda mungkin tidak berpikir bahwa bagian luar kaleng mengindikasikan kesegaran isinya. Jadi, hindari makanan yang berlubang, korosi, atau pembengkakan apapun. Buang segera kaleng makanan yang penyok. Lekukan bisa memiliki lubang mikroskopis yang memungkinkan makanan terkena oksigen sehingga bakteri berkembang.

Jika Anda menemukan produk makanan yang wadahnya bengkak, atau di dalam wadahnya terdapat jumlah udara yang besar, maka makanan tersebut harus dibuang. Karena ini tanda halus dari botulisme, penyakit bawaan makanan yang paling berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here