Sudah Merasa Dewasa di Tempat Kerja? Cek Dulu Tandanya Berikut Ini!

Bersikap dewasa di tempat kerja sangat diperlukan oleh semua karyawan. Tanpa adanya kedewasaan, lingkungan kerja bisa menjadi sarang paling toxic buat karyawan loh. Bayangkan, apa enaknya bekerja di suasana yang tidak menyenangkan?

Kamu tidak bisa mengendalikan keadaan atau pikiran orang lain. Namun, kamu pegang kendali penuh atas dirimu sendiri. Pastikan bersikap dewasa di tempat kerja melalui hal-hal ini ya.

Tidak Mudah Menyalahkan Rekan Kerja

Saat kamu sudah dewasa di tempat kerja, kamu tidak akan lagi mudah menyalahkan orang lain. Pasti sering kan ada masalah yang muncul dalam tim kerja. Tidak jarang nih, saling tuduh dan mencari siapa yang salah wajar ditemukan.

Orang-orang yang dewasa jelas tidak akan melakukan hal tersebut. Kesalahan tim adalah kesalahan bersama. Maka, tanggung jawab untuk menyelesaikannya ada pada kendali bersama, bukan perorangan.

Mudah Memaafkan

Beberapa rekan kerja bisa saja bersikap kurang menyenangkan dan sering membuatmu jengkel. Jika kamu mampu kendalikan rasa kesalmu, itu tandanya kamu sudah mulai dewasa. Kamu tidak lagi suka mengingat-ingat kesalahannya hingga membuatmu berkali-kali sakit hati.

Selama kamu masih saja mudah menyimpan rasa tidak suka, tentu akan sulit bagimu untuk nyaman bekerja. Butuh kedewasaan dan kebesaran hati untuk mudah memaafkan orang lain agar hatimu tenang.

Baca Juga: Bikin Gerah, Gimana Menghadapi Politik Kantor dengan Kepala Dingin?

Bijak dalam Menanggapi Gosip

Kamu jelas tidak bisa mudah terhindar dari gosip-gosip kantor, entah sebagai pendengar atau justru menjadi korban. Bersikap dewasa di tempat kerja dapat kamu tunjukkan dengan tidak ambil pusing atas gosip yang ada.

Bijaklah untuk memilah informasi apa saja yang benar dan salah. Jangan mudah terbawa arus untuk ikut-ikutan membicarakan orang yang bukan jadi kapasitasmu. Andai kamu jadi target gosip, jangan terlalu dipikirkan jika memang tidak benar.

Mau Mendengar dan Menghargai Pendapat

Poin penting dalam bersikap dewasa adalah mau menghargai pendapat orang lain. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mendengarkan rekan kerja saat berbicara tanpa memotongnya. Sudahkah kamu mampu melakukannya?

Hal ini juga berlaku dalam caramu menanggapi kritik atau saran dari rekan kerja lain. Jika kamu terus-terusan bersikap defensif dan selalu merasa benar, tentu sulit bagimu bisa menghargai saran orang lain.

Memberi Pujian pada Rekan Kerja yang Sukses

Orang yang sudah sangat dewasa di tempat kerja pastilah sangat loyal memberikan pujian pada sesama rekan kerjanya. Jangan ragu beri ucapan selamat pada rekan kerja yang baru saja promosi atau sukses mengerjakan proyek.

Alih-alih iri atau dengki, kamu dapat jadikan kesuksesan rekan kerja sebagai pemicu semangatmu dalam bekerja. Ambillah hal-hal baik dari orang lain untuk membentukmu menjadi pribadi lebih berkualitas.

Yuk, pelan-pelan menjadi karyawan yang dewasa di tempat kerja! Bukan hanya bekerja keras, pastikan kamu bisa tumbuh dan berkembang di kariermu sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here